Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 25 Dec 2022 20:45 WIB ·

Menekuni Akademi Mobile App Developer Di NF Compputer Melalui MSIB BATCH 3


 Menekuni Akademi Mobile App Developer Di NF Compputer Melalui MSIB BATCH 3 Perbesar

Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau sering disebut MBKM adalah program yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa seluruh Indonesia untuk dapat menimba ilmu, mencari pengalam serta terjun langsung ke masyarakat. Terdapat beberapa program yang disajikan dalam Merdeka Belajar Kampus merdeka, salah satunya adalah Magang dan Studi Independent Bersertifikat.

 

Dalam MSIB atau Magang dan Studi Independent bersertifikat terdapat banyak mitra yang menawarkan kepada mahasiswa untuk belajar atau terjun langsung ke dalam bidang yang diminatinya. Salah mitra yang menawarkan tersebut adalah PT Nurul Fikri Cipta Inovasi atau Nurul Fikri Komputer. Nurul Fikri Komputer menawarkan banyak bidang yang bisa dipelajari dalam MSIB periode ini, salah satunya menyita perhatian dari seorang mahasiswa dari UPN Veteran Jawa Timur.

Image by AfkarNaqy

Muhammad Afkar Naqy adalah mahasiswa yang tertarik untuk belajar di Nurul Fikri Komputer, mahasiswa tersebut tertarik untuk mengambil Studi Independen Bersertifikat pada bidang Akademi Mobile Developer yang ditawarkan oleh mitra tersebut. Waktu yang akan ditempuh selama menjalani Studi Independen Bersertifikat adalah 5 bulan. Selama waktu itu mahasiswa akan menerima materi serta arahan dari mitra yang dipilih. Muhammad Afkar Naqy atau yang sering dikenal dengan panggilan “Afkar” mengikuti berbagai kelas dari mitra yang dipilihnya. Kegiatan dimulai dari mengikuti online meeting menggunakan platform Zoom meeting dari jam 08.00 WIB sampai 12.00 WIB diikuti dengan presensi pagi seperti ketika mengikuti mata kuliah kampus. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama mentor yang telah ditugaskan dari pihak mentor. Sesi diskusi berjalan selama 3 jam, dari jam 13.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sesi diskusi dapat melalui whatsapp atau telegram, pada sesi ini mahasiswa diberi kebebasan untuk bertanya terkait materi yang telah disampaikan pada sesi pagi hari.

Kurikulum yang telah diberikan mitra yaitu pemberian materi di waktu pagi hari dan sesi diskusi di waktu siang hari tentunya sudah ditentukan sebelum pertemuan tersebut dimulai. Untuk mendukung kelancaran jalannya kurikulum tersebut mahasiswa yang telah diterima di Akademi Mobile Developer akan dibagi ke dalam 4 kelompok besar. Di setiap kelompok besar tersebut memiliki mentornya sendiri, tugas dari mentor sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, yaitu membantu mahasiswa dalam menghadapi error dalam program aplikasi atau permasalahan dalam menjalani program Studi Independen Bersertifikat ini. Selain itu, materi yang diberikan juga menjadi faktor pendukung lancarnya kurikulum  tersebut, materi yang telah ditentukan tersebut sering disebut RPS atau KRS oleh mahasiswa. RPS atau Rancangan Pembelajaran Semester dari NF Komputer cukup beragam dan pastinya berhubungan dengan Akademi Mobile Developer.

 

Materi yang diberikan oleh pihak NF Komputer dilakukan secara berurutan sehingga mahasiswa dapat mengikuti materi dari awal atau dasar sampai ke pembuatan aplikasi. Selama 5 bulan mahasiswa akan menerima materi dasar-dasar pemrograman, UI/UX desain, Database, Design Pattern, Code Versioning Git dan Github, dan pastinya Pemrograman Mobile. Selain materi tentang mobile developer, NF Komputer juga memberikan materi tentang soft skill, materi ini khusus diberikan di hari Kamis dengan waktu dan jam yang sama.

Kelas zoom meeting, image by Afkar Naqy

Pada pertengahan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat pihak mitra memberikan sebuah proyek individu, yaitu mini proyek. Mini proyek ini sebagai tolak ukur pemahaman mahasiswa terkait materi yang telah disampaikan, mini proyek yang dimaksud adalah pembuatan sebuah aplikasi mobile/android dengan konsep yang diserahkan seluruhnya kepada mahasiswa, dengan kata lain mahasiswa bebas membuat aplikasi sesuai ide dari mereka. Setelah mengerjakan mini proyek yang dilakukan secara individu, selanjutnya mahasiswa akan dikelompokkan dengan mahasiswa lain. Pembagian kelompok tersebut dari satu kelompok besar yang kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Pembagian ini bermaksud untuk mengerjakan proyek akhir dari program MSIB ini, yaitu mengerjakan final proyek. Pengerjaan final proyek dilakukan oleh beberapa mahasiswa yang telah dibentuk menjadi sebuah kelompok, kemudian mengerjakan dalam waktu kurang lebih satu bulan setengah. Final proyek ini berbeda dengan mini proyek, perbedaannya terletak pada pemberian tema atau aplikasi apa yang harus dibuat oleh setiap kelompok, tema tersebut sudah ditentukan oleh pihak NF Komputer yaitu aplikasi e-commerce dan manajemen proyek Setelah menjalani masa pembuatan aplikasi, mahasiswa akan ditugaskan untuk mempresentasikan aplikasi tersebut, presentasi ini juga menjadi akhir dari program MSIB di Nurul Fikri Komputer.

Dari program Magang dan Studi Independen Bersertifikat ini dapat diambil banyak pelajaran, dari segi sosial, menambah relasi, menambah soft skill dan hard skill, serta mendapatkan pengalaman baru dengan mengerjakan proyek aplikasi android dengan cara berkelompok.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan