Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 21 Feb 2024 11:11 WIB ·

Mendes PDTT Minta Produk BUMDesa Berorientasi pada Ekspor


 Mendes PDTT Minta Produk BUMDesa Berorientasi pada Ekspor Perbesar

Media Bangsa – Produk yang dihasilkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) didorong untuk berorientasi ekspor dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait agar hasil budi daya desa bisa dikenal masyarakat internasional.

Demikian dikatakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, dalam keterangannya terkait Pemberangkatan Ekspor Perdana Anggrek ke Taiwan di Griya Anggrek Singosari, Malang, Provinsi Jawa Timur seperti dikutip pada Selasa (20/2/2024).

“Harapan kita memang desa harus berorientasi ekspor juga supaya eksistensi ekonomi di desa agar dikuatkan oleh kemampuan lokal tapi juga kemampuan global,” kata Menteri Abdul Halim.

Mendes PDTT mencontohkan ekspor perdana anggrek yang dilaksanakan BUMDesa Bersama Singosari, Malang yang mewujudkan penguatan eksistensi ekonomi di desa hingga level global.

Ekspor ini, dinilai menjadi prestasi BUMDesa Bersama Singosari sebagai pengelola yang didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Daerah Jawa Timur dan Malang, hingga aparat desa.

“Proses ekspor anggrek perdana ini dikerjakan selama 14 bulan,” imbuhnya.

Lamanya waktu ini dinilai wajar karena merupakan pengalaman pertama BUMDesa ini, sehingga banyak proses yang rumit dan membuat pelaksanaannya menjadi lambat.

Kendati demikian, Menteri Abdul Halim memastikan lamanya waktu pengurusan itu akan terus dibenahi sehingga pengurusan ekspor akan menjadi lebih cepat.

“Saya yakin ke depan jadi lebih cepat dan mudah. Ya karena semua sudah berkolaborasi sudah memahami ini akan makin mudah apalagi balai cukai dan lain-lain sudah memahami apa itu BUMDesa dan kerja sama ini akan terus berjalan,” tutup Mendes PDTT.

Turut mendampingi Menteri Abdul Halim dalam kunjungan kerja tersebut, Dirjen PEI Harlina Sulistyorini, Kepala BPI Ivanovich Agusta, Direktur Pelayanan Investasi Supriadi, dan Direktur Pengembangan Produk Unggulan Ari Indarto Sutjiatmo.

Selain itu hadir Kepala Dinas PMD Budi Sarwoto mewakili Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Bupati Malang M. Sanusi, perwakilan Kementerian dan Lembaga, Kepala OPD Kabupaten Malang, Camat Singosari Agus Nuraji dan jajaran Forkopimca, Direktur BUMDesa Bersama Singosari Agus Sudrikamto dan jajarannya, para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Singosari, juga Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Jawa Timur dan Malang Raya.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

Trending di Bisnis