Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 Dec 2022 09:11 WIB ·

Mendapat Bayangan Dunia Kerja UIUX Research & Design Lewat Studi Independen di Binar Academy


 Mendapat Bayangan Dunia Kerja UIUX Research & Design Lewat Studi Independen di Binar Academy Perbesar

Perkenalan Diri

Dunia UI/UX masih cukup menarik untuk dilihat sekarang ini. Masuk ke dunia UI/UX saat ini dapat dilakukan dengan banyak cara. Diantaranya mengikuti media sosial UI/UX, bertanya kepada orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia UI/UX, atau mengikuti bootcamp atau kelas UI/UX. Ketiganya saya pilih dengan mengikuti Program Studi Independen Bersertifikat. Dengan mengikuti studi independen, diharapkan mahasiswa mendapatkan pembelajaran yang relevan dengan mempelajari pengetahuan praktis dan sertifikasi yang memenuhi kebutuhan industri. Selain itu, mahasiswa berkesempatan untuk mencoba karir yang diinginkan dan mengembangkan koneksi dengan orang-orang yang memiliki pilihan karir yang sama.

Saya, Ahmad Andhika Permana, mahasiswa semester 7 jurusan Sistem Informasi UPN Veteran Jawa Timur. saya memutuskan untuk mengikuti program studi independen di Binar Academy dengan studi yang diambil, yaitu UI/UX research & design. Alasan saya mengikuti program ini karena penasaran dengan programnya yang menarik. Setidaknya selama masa mahasiswa saya, saya ingin memiliki pengalaman ini. Alasan lainnya yaitu saya ingin menguji pengetahuan UI/UX yang saya peroleh dan pelajari di dunia perkuliahan reguler (belajar di kampus). Saya akhirnya memberanikan diri untuk mendaftar dan dengan segala rasa syukur saya diterima di Binar Academy.

Pengalaman Studi Independen

Hal pertama yang saya rasakan adalah jujur ​​ilmu yang saya dapat selama ini dari kuliah biasa tidak cukup untuk menyelesaikan berbagai tugas yang relevan dengan dunia kerja saat ini. Seperti yang telah diketahui, kuliah reguler mempelajari mata pelajaran secara keseluruhan, sehingga seringkali yang dipelajari dasar-dasarnya saja. Sedangkan di dunia kerja harus menguasai setidaknya satu keterampilan secara mendalam. Saya pikir memang harus ada platform seperti studi independen atau semacamnya untuk mempersiapkan kehidupan profesional, sehingga celah yang sering dikeluhkan pemberi pekerjaan bisa ditutup kembali. Dalam studi independen ini, saya jadi tahu juga bagaimana penggunaan alat alat yang digunakan dalam membuat berbagai kebutuhan dalam ranah UI/UX ini. Saya mulai mendapatkan gambaran seperti apa dunia kerja UI/UX setelah mengikuti final project Binar Academy membuat desain aplikasi berkolaborasi dengan kelas product management dengan menggunakan metode scrum yang saat ini banyak digunakan perusahaan – perusahaan.

Pengalaman lain yang saya dapatkan adalah saya bersyukur bisa bertemu dengan para pembimbing dan teman-teman luar biasa yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Teman-teman saat kuliah biasanya masih satu daerah yang berdekatan. Saya tidak membayangkan bahwa saya yang orang gresik ini bisa berteman dan bertukar informasi dengan orang-orang dari Medan, Pekanbaru, Karawang, Bogor, Semarang, Purwokerto, Jember dan lainnya belajar dalam kelompok belajar yang sama pada waktu yang sama. Bertemu dengan orang-orang baru selalu memberikan informasi dan wawasan baru. Contohnya saya yang memiliki teman kelas jurusan DKV jadi tahu sudut pandangnya dalam membuat sebuah desain. Satu hal yang saya dapatkan adalah pembelajaran yang beragam di berbagai kampus di Indonesia. Terdapat mahasiswa yang mendapatkan suatu materi di kampusnya sementara mahasiswa dari kampus lain tidak mendapatkannya walau dalam jurusan yang sama. Terlepas dari itu saya berharap program ini dapat lanjut terus karena menurut saya banyak pelajaran positif yang dapat diambil.

Penulis: Ahmad Andhika Permana

Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

Trending di Bisnis