Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 9 Sep 2023 22:24 WIB ·

*Mendagri: Perlu Ada Transformasi Ekonomi di Bali Setelah Covid-19*

Sabtu, 9 September 2023

MEDIABANGSA.Denpasar – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melakukan transformasi ekonomi setelah sempat terpukul saat pandemi Covid-19. Kala itu, pertumbuhan ekonomi Bali berada di angka paling rendah tingkat nasional dengan nilai minus 9,31 persen. Ini dikarenakan sebagian besar perekonomian Bali hanya mengandalkan sektor pariwisata.

Hal tersebut disampaikan Mendagri saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Se-Provinsi Bali, di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (8/9/2023).

“Jangan sampai ekonomi jatuh terlalu dalam, hanya mengandalkan dari satu bidang. Konsep-konsep transformasi ekonomi bagus pendapat kami, dan itu semua kalau dijalankan sudah benar, mulai dari bagaimana membangun sektor agrikultur, pertanian lagi, sektor mungkin pertambakan, perikanan sebagai buffer zone, reserved, ketika sektor tourism terpukul,” katanya.

Mendagri mengungkapkan, sektor pariwisata Bali memang memberikan nilai yang positif tak hanya untuk Bali, tetapi juga Indonesia karena telah menyumbangkan devisa bagi negara. Namun, belajar dari Covid-19, Pemprov Bali perlu berpikir dengan rencana lain agar terus bisa bertahan.

“Pada waktu Covid misalnya ekonomi Bali terjun paling bawah saat itu, tapi kemudian kita gerakan. Bapak Presiden, pemerintah pusat mendorong semua untuk turis domestik mengisi Bali, karena Bali sangat mengandalkan turis mancanegara,” ujarnya.

Dia menambahkan, hal serupa terjadi pula pada negara Arab Saudi yang hanya mengandalkan perekonomiannya pada sektor tertentu saja. Kemudian Arab Saudi membuat skenario lain dengan membuka berbagai investasi dari banyak wilayah di sekitarnya seperti negara Qatar dan Kota Dubai. Investasi ini lalu menggerakkan sektor lain sehingga memberikan pendapatan.

“Perlu adanya transformasi ekonomi itu benar, dan ini dirasakan juga oleh negara seperti Saudi. Saudi itu mengandalkan dua saja revenue yang utama, dari minyak dan dari haji dan umrah, dua revenue utama tapi mereka hebat. Tapi begitu terjadi Covid, semua pabrik tutup, buruh-buruhnya menganggur,” jelasnya.

Untuk itu, Mendagri mendorong Pemprov Bali agar tak hanya mengandalkan perekonomian pada satu bidang saja. Perlu adanya rencana lain untuk menghadapi berbagai kemungkinan dan tantangan di masa depan.

“Kita tidak ingin ada pandemi atau bencana yang sama terulang kembali, tapi ya kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Jadi kita harus putar dengan plan yang lain,” tandas Mendagri.

Puspen Kemendagri

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan