Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 17 Nov 2023 16:56 WIB ·

Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa

Sragen, Pancasila menjadi dasar negara Bangsa Indonesia, mempunyai nilai-nilai luhur yang sering kita lupakan. Pancasila bukan sekedar pajangan di dinding kelas dan bukan pula sekedar dibaca saat upacara hari senin.

Pancasila bisa kita tanamkan pada anak di lingkungan sekolah, agar setelah dewasa nanti mereka terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai pancasila juga menjadi pondasi siswa agar dewasa nanti mereka memiliki karakter kebangsaan dan tertanam di dalam hati.

Seperti yang dilakukan Serda Rohmadi Babinsa Desa Doyong Kodim 0725/Sragen melaksanakan Giat BinWanwil memberikan materi Wasbang berupa penanaman nilai nilai Pancasila dan kedisiplinan Kepada Siswa – Siswi SD N 1 Doyong Kec.Miri, Jum’at ( 17/11/2025 ).

Pancasila menurut Serda Rohmadi merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturanTentang tingkah laku yang penting dan baik. Aktivitas yang baik ini bisa kita terapkan sehari hari di lingkungan sekolah .
“ Beberapa aktivitas sederhana yang bisa kita tanamkan di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila yaitu, mengajak anak untuk beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Sila pertama Pancasila mengandung nilai Ketuhanan yang didalamnya mengajarkan siswa untuk mengenal agama “ jelas Babinsa.

“ Kedua, mengutamakan persatuan dan kesatuan. Mengajak teman bermain bersama, dalam hal ini guru membiasakan siswa untuk selalu rukun dan bergaul dengan teman tanpa membedakan status sosial. Saling menyapa dan mengucap salam bila bertemu teman dan guru. Selain itu menanyakan kabar bila bertemu teman saat tiba di sekolah “ tambahnya.

(Agus Kemplu)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Pemrograman Hybrid

12 April 2024 - 21:25 WIB

Trending di Tekno & Sains