Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 21 Sep 2023 13:36 WIB ·

Memperkenalkan Media Pemasaran Digital bagi Para Pengerajin Kulit di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo


 Memperkenalkan Media Pemasaran Digital bagi Para Pengerajin Kulit di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo Perbesar

Program Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat salah satu program Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas lkolaborasi antara perguruan tinggi dengan masrayakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi terhadap para pengerajin untuk memperkenalkan media pemasaran secara online yang saat ini tengah menjamur di masyarakat. Komunitas Pengerajin Kulit Desa Kedensari memiliki potensi kerajinan dari hasil olahan kearifan lokal namun demikian belum dapat ditingkatkan secara optimal karena kemajuan teknologi membuat konsumen beralih dari pasar konvensional ke berbagai platform digital salah satunya adalah marketplace. Karena fenomena tersebut UMKM khususnya Komunitas Pengrajin Kulit Desa Kedensari mengalami penurunan penjualan secara signifikan di mana para pembeli sudah lebih memilih untuk membeli produk sejenis di pasar online. Sehingga membuat para penjual mengalami penurunan omset dan mengalami krisis dalam pengembangan bisnis dan usahanya.

Dengan demikian kegiatan Pikat mampu memberikan pemahaman tentang saluran pemasaran yang bermanfaat bagi Komunitas Pengrajin Kulit Desa Kedensari agar lebih mengedepankan aspek penjualan berbasis digital marketing melalui berbagai platform serta penggunaan branding yang lebih baik. Selain itu dalam kegiatan pengabdian juga diberikan pelatihan terkait dengan manajemen usaha dan tata kelola usaha yang lebih baik guna menghassilkan peningkatan profit dan efisiensi bisnis melalui pencatatan keuangan secara akuntabel. (Artikel ditulis oleh: Nurkholish Majid)

Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

17 April 2024 - 10:01 WIB

Budaya Halalbihalal Bisa Membangun Komunikasi Baik Antar-Stakeholders Pangan

17 April 2024 - 09:57 WIB

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Trending di Bisnis