Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 9 Jul 2023 23:23 WIB ·

Membuka Kesempatan Karir Sebagai Data Analyst melalui Studi Independen Bersama Bitlabs Academy


 Membuka Kesempatan Karir Sebagai Data Analyst melalui Studi Independen Bersama Bitlabs Academy Perbesar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memprakarsai program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang memiliki tujuan guna memberi ruang bagi mahasiswa untuk berkontribusi di dunia kerja melalui proyek nyata dan dibimbing oleh tim, pembimbing dengan proses yang baik berkolaborasi dengan para organisasi, mitra, dan pemerintahan dalam waktu 4 – 5 bulan (1 semester).

 

Bitlabs Academy menjadi salah satu mitra yang ikut berpartisipasi dalam program yang dicetus oleh mantan CEO Gojek tersebut. Bitlabs Academy (selanjutnya akan disebut Bitlabs) adalah sebuah platform edutech  yang terfokus pada pembelajaran skill digital secara online dan menyajikan pengalaman belajar terstruktur dan interaktif, sesuai dengan tingkat pemahaman pengguna. 

 

Adapun kursus yang ditawarkan Bitlabs pada program MSIB ini adalah Data Analytics for Business. Data analytics adalah disiplin ilmu untuk menganalisis data mentah menjadi informasi yang lebih mudah disajikan. Dewasa ini, permintaan untuk posisi data analyst di perusahaan-perusahaan raksasa dalam negeri tengah mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan mereka telah berorientasi pada data untuk dapat mengambil keputusan yang tepat guna mengembangkan usaha mereka. Di sinilah profesi data analyst diperlukan untuk mencapai tujuan mereka. 

 

Selama mengikuti program Data Analytics for Business di Bitlabs, kegiatan pembelajaran dilakukan secara synchronous dan asynchronous. Pembelajaran secara synchronous dilakukan dengan sesi In Class Training dan Hands-On setiap minggunya. Sesi ini merupakan pembahasan materi oleh instruktur dan praktik dari materi yang telah dipelajari. Adapun pembelajaran secara asynchronous dilaksanakan dengan memberikan video pembelajaran, materi, dan tugas yang akan dibahas di setiap akhir pekan. 

 

Selain penugasan rutin setiap pekannya, di dalam program  Data Analytics for Business di Bitlabs juga terdapat proyek tugas akhir yang dinamai Project Based Learning yaitu berupa proyek akhir yang dikerjakan secara individu maupun kelompok. Melalui proyek akhir ini diharapkan peserta dapat mengimplementasikan materi-materi dan praktik yang telah diberikan selama 5 bulan program berlangsung. 

 

Salah seorang peserta bernama Mohammad Daniel Sulthonul Karim mengaku sangat senang dapat mengikuti program tersebut. “Awalnya saya tidak menyangka bisa diterima dalam seleksi studi independen untuk mengikuti program Data Analytics for Business di Bitlabs dan saya pikir saya akan mengalami kesulitan dalam mengikuti program ini, tetapi ternyata meskipun terdapat beberapa materi yang menguras pikiran saya, saya bisa survive program ini sampai akhir dan saya sangat puas dan beruntung bisa mengikuti program ini. ”   Daniel juga menuturkan jika instruktur-instruktur yang ada di Bitlabs sangat berpengalaman dan berkompeten dalam bidangnya. 

Lulusan dari program  Data Analytics for Business di Bitlabs  memang diharapkan untuk bisa menerapkan skill yang telah didapatkan selama program ke dalam dunia kerja. Oleh karena itu juga, mereka bekerja sama dengan beberapa hiring partner untuk bisa menyerap beberapa alumni untuk dapat bekerja secara intern maupun full time di perusahaan hiring partner.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Trending di Bisnis