Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 8 Jul 2023 18:27 WIB ·

Membangkitkan Bakat Data Science: Menemukan Potensi Anda melalui Program Studi Independen yang Menggebrak di Data Science Academy


 Membangkitkan Bakat Data Science: Menemukan Potensi Anda melalui Program Studi Independen yang Menggebrak di Data Science Academy Perbesar

SURABAYA – Ferdy, mahasiswa semester 6 program studi Sistem Informasi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur,  berkesempatan untuk mengikuti program studi independen selama satu semester. Studi independen adalah salah satu komponen penting dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek). Tujuan dari program ini adalah untuk mengubah sistem pendidikan tinggi di Indonesia agar menghasilkan lulusan yang lebih relevan dengan kebutuhan industri.

Salah satu program studi independen yang dirasa menarik yang diambil oleh Ferdy Atmaja adalah Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Data Science Academy. Data Science Academy merupakan pusat pembelajaran yang berfokus pada bidang Data Science dan Artificial Intelligence. Program studi independen ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang Data Science dan Business Analytics. Dalam upaya untuk membangun ekosistem yang kuat, Data Science Academy menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak seperti universitas, institusi pemerintahan, korporasi, profesional, dan komunitas untuk menciptakan talenta-talenta di bidang Data.

Program MSIB yang ditawarkan oleh Data Science Academy menawarkan kurikulum yang komprehensif. Para peserta diajarkan tentang konsep-konsep penting dalam ilmu data, seperti Data Processing Fundamental, Data Engineering, Data Modeling, dan Data Visualization. Mereka juga diperkenalkan pada penggunaan alat-alat analisis data seperti Excel, pivot tables, dan pivot charts, serta alat visualisasi data seperti Tableau.

Selain itu, peserta juga mendapatkan pelatihan tentang penggunaan SQL untuk manipulasi data dan pemahaman tentang pengembangan aplikasi database. Mereka juga diajarkan teknik-teknik untuk mengorganisir, menyederhanakan, dan menganalisis data dengan efektif. Program ini juga mencakup pemahaman tentang konsep-konsep penting dalam bidang Data Science, seperti data mining, estimasi, prediksi, klustering, dan asosiasi. Algoritma-algoritma penting seperti decision tree, random forest, neural network, dan K-Means Clustering juga dipelajari dalam program ini.

Selama studi independen di Data Science Academy, peserta tidak hanya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan teknis, tetapi juga soft skill yang berharga. Mereka memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama, komunikasi, pemecahan masalah, dan manajemen waktu. Interaksi dengan profesional dan praktisi industri yang berpengalaman juga membantu peserta memperluas jaringan dan pemahaman tentang dunia kerja di bidang Data Science.

Program studi independen di Data Science Academy memberikan keuntungan signifikan bagi peserta dalam persiapan karir mereka. Keterampilan yang diperoleh dalam bidang Data Science sangat relevan dengan kebutuhan pasar saat ini yang semakin bergantung pada teknologi dan analisis data. Dengan sertifikat MSIB yang didapatkan, peserta memiliki keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan di bidang ini.

Para peserta yang mengikuti studi independen di Data Science Academy memiliki kesempatan unik untuk memperluas wawasan dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan di era digital yang kompleks dan menuntut. Pengalaman ini membekali mereka dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan untuk sukses dalam karir di bidang Data Science yang berkembang pesat.

 

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan