Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 May 2022 12:06 WIB ·

Mau tahu cara jago public speaking? Simak 4 tips ini!


 Gambar public speaking (Sumber: https://www.entrepreneur.com/) Perbesar

Gambar public speaking (Sumber: https://www.entrepreneur.com/)

Sadarkah kamu bahwa setiap orang sukses di dunia ini, seperti Elon Musk, Bill Gates bahkan Luhut Binsar Panjaitan memiliki keahlian yang sama? Mereka sangat ahli berbicara didepan banyak orang. Keahlian inilah yang disebut dengan public speaking. Pada artikel ini kami akan menjelaskan arti public speaking beserta dengan tipsnya.

Apa Arti dari Public Speaking?

Public speaking masuk kedalam rumpun ilmu komunikasi yaitu retorika. Retorika merupakan seni berkomunikasi lisan yang dilakukan oleh seseorang kepada sekelompok orang secara tatap muka, seperti pembaca acara (MC), Moderator, Pidato dan lain-lain. Dengan kata lain, public speaking adalah proses komunikasi di depan umum. Karena berbicara di depan umum dilakukan di depan audien secara langsung, kamu perlu menguasai tips dibawah ini.

Kuasai 4 Tips ini!

Pertama, membuat kerangka teks yang nantinya akan kamu bicarakan ke depan audien. Membuat kerangka teks bertujuan agar kamu mampu berbicara secara efektif, terstruktur dan sistematis. Oleh karena itu, persiapkan kerangka teksmu dengan sebaik mungkin.

Kedua, kamu harus mampu mengendalikan perasaan takut yang kamu rasakan ketika berbicara di depan umum. Ketakukan yang kamu rasakan adalah hal yang wajar. Oleh karena itu, kepercayaan diri harus ditingkatkan untuk menekan ketakutan yang kita alami.

Ketiga, pakai waktu kamu untuk berlatih berbicara segiat mungkin. Berlatih akan meningkatkan keterampilan berbicara anda bahkan rasa perasaan takut yang kamu rasakan juga dapat hilang dengan anda sering berlatih. Keterampilan berbicara meliputi dapat spontan dalam berkomunikasi; dapat berinteraksi dengan audien; menyisipkan humor kecil agar tidak membahas hal berat secara terus menerus dan yang terakhir dapat memperhatikan manajemen waktu (time management).

Keempat, gunakan gestur dan mimik wajah yang sesuai agar pesan yang kamu sampaikan kepada audien dapat diterima dengan baik.

Kesimpulan

Public speaking selalu dibutuhkan pada sendi-sendi kehidupan di ruang publik, manusia tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan berkomunikasi lisan, tulisan maupun komunikasi lainnya. Maka dari itu, kamu harus menguasai 4 tips di atas agar lebih bagus dalam berkomunikasi. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi yang memerlukan, jika membutuhkan artikel lain dapat klik disini.

Artikel ini telah dibaca 277 kali

Baca Lainnya

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Trending di Bisnis