Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 2 Jun 2023 14:38 WIB ·

Makna Hari Lahir Pancasila 1 Juni: Mengenang Dasar Negara Indonesia yang Multikultural


 Makna Hari Lahir Pancasila 1 Juni: Mengenang Dasar Negara Indonesia yang Multikultural Perbesar

1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila di Indonesia. Tanggal ini memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Indonesia, karena Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi landasan bagi berbagai aspek kehidupan di Indonesia, termasuk dalam pembentukan sistem pemerintahan, hukum, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi.

Pancasila, yang secara harfiah berarti “lima asas,” adalah rumusan nilai-nilai fundamental yang mencerminkan semangat kebinekaan, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia. Kelima asas dalam Pancasila adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Mewakili kepercayaan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa, mengakui bahwa setiap individu memiliki kebebasan beragama dan berkeyakinan.
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menekankan pentingnya menghormati martabat dan hak asasi manusia, serta menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan keadilan dalam hubungan antarmanusia.
  3. Persatuan Indonesia: Mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam keragaman suku, agama, ras, dan golongan (SARA).
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Menekankan pentingnya partisipasi aktif rakyat dalam pembuatan keputusan negara melalui mekanisme permusyawaratan atau perwakilan yang bijaksana.
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Menjamin adanya keadilan sosial, kesetaraan, dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya.

Hari Lahir Pancasila mengingatkan kita akan pentingnya menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila sebagai dasar negara yang multikultural menegaskan bahwa keberagaman budaya, agama, suku, dan latar belakang sosial merupakan kekayaan bangsa yang harus dihormati dan dirayakan.

Selama puluhan tahun, Pancasila telah menjadi panduan bagi pembangunan Indonesia. Nilai-nilai dalam Pancasila menginspirasi kesepakatan nasional, menghadapi tantangan, dan memperkuat persatuan bangsa di tengah perbedaan yang ada. Pancasila juga menjadi pijakan dalam menjunjung tinggi demokrasi, supremasi hukum, dan perlindungan hak asasi manusia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momen refleksi untuk memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga keberagaman, saling menghormati, dan bekerja sama dalam membangun Indonesia yang adil, beradab, dan sejahtera. Melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila, diharapkan masyarakat Indonesia dapat terus bergerak maju menuju cita-cita bersama: kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang harmonis dan berkeadilan.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan