Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 4 Jan 2024 13:05 WIB ·

Mahasiswa Magang UPN Berikan Pendampingan Penerapan Good Agricultural practice pada Petani Kopi


 Mahasiswa Magang UPN Berikan Pendampingan Penerapan Good Agricultural practice pada Petani Kopi Perbesar

Humbang Hasundutan, 17 Desember 2023 – Mahasiswi magang Bertani Untuk Negeri melakukan pendampingan budidaya kopi yang benar pada petani dampingan di Desa Nagasaribu 1. Edukasi ini dilakukan oleh Imroatul Afwa, mahasiswi Agribisnis UPN Veteran Jawa Timur sekaligus mahasiswi magang kampus merdeka.

Pendampingan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada petani dalam merawat kopi sesuai Good Agriculture Practice. Pendampingan ini dilakukan melalui pendekatan secara langsung, kunjungan ke kebun petani dampingan serta sekolah lapang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, penerapan SOP dan produktivitas kopi.

Petani di desa ini masih tergolong melakukan cara yang sederhana. Banyak dari mereka yang belum pernah melakukan pemangkasan dan tidak mengerti bagaimana caranya. Disamping itu pengetahuan akan hama dan penyakit tanaman pun masih kurang. Sehingga dalam pelaksanaan sekolah lapang atau penyuluhan diberikanlah materi tersebut.

“Aku mau lo dek sebenarnya memangkas kaya begitu, hama-hama kek mana itu aku tak tahu. Kalau  memupuk kayanya juga belum dek masih pakai cara ditebar saja” Ungkap Ully salah satu petani dampingan Afwa.

Melalui beberapa permasalahan ini mahasiswa melakukan pengkajian sebelum emmberikan edukasi. Pengkajian tersebut meliputi identifikasi permasalahan dari sisi ekonomi, sosial dan agroekosistem petani. Setiap pertemuan sekolah lapang mahasiswa selalu memberikan ilustrasi tentang materi yang disampaikan agar petani memahami dan termotivasi untuk menerapkannya.

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan