Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 4 Jan 2024 13:05 WIB ·

Mahasiswa Magang UPN Berikan Pendampingan Penerapan Good Agricultural practice pada Petani Kopi


 Mahasiswa Magang UPN Berikan Pendampingan Penerapan Good Agricultural practice pada Petani Kopi Perbesar

Humbang Hasundutan, 17 Desember 2023 – Mahasiswi magang Bertani Untuk Negeri melakukan pendampingan budidaya kopi yang benar pada petani dampingan di Desa Nagasaribu 1. Edukasi ini dilakukan oleh Imroatul Afwa, mahasiswi Agribisnis UPN Veteran Jawa Timur sekaligus mahasiswi magang kampus merdeka.

Pendampingan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada petani dalam merawat kopi sesuai Good Agriculture Practice. Pendampingan ini dilakukan melalui pendekatan secara langsung, kunjungan ke kebun petani dampingan serta sekolah lapang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, penerapan SOP dan produktivitas kopi.

Petani di desa ini masih tergolong melakukan cara yang sederhana. Banyak dari mereka yang belum pernah melakukan pemangkasan dan tidak mengerti bagaimana caranya. Disamping itu pengetahuan akan hama dan penyakit tanaman pun masih kurang. Sehingga dalam pelaksanaan sekolah lapang atau penyuluhan diberikanlah materi tersebut.

“Aku mau lo dek sebenarnya memangkas kaya begitu, hama-hama kek mana itu aku tak tahu. Kalau  memupuk kayanya juga belum dek masih pakai cara ditebar saja” Ungkap Ully salah satu petani dampingan Afwa.

Melalui beberapa permasalahan ini mahasiswa melakukan pengkajian sebelum emmberikan edukasi. Pengkajian tersebut meliputi identifikasi permasalahan dari sisi ekonomi, sosial dan agroekosistem petani. Setiap pertemuan sekolah lapang mahasiswa selalu memberikan ilustrasi tentang materi yang disampaikan agar petani memahami dan termotivasi untuk menerapkannya.

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

Trending di Bisnis