Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 15 Sep 2023 11:20 WIB ·

Mahasiswa KPM-T XXII Unipdu Gelar sosialisasi Sekolah Perempuan (SEKOPER) & Kesetaraan Gender di desa Carangrejo Kesamben Jombang


 Mahasiswa KPM-T XXII Unipdu Gelar sosialisasi Sekolah Perempuan (SEKOPER) & Kesetaraan Gender di desa Carangrejo Kesamben Jombang Perbesar

Media Bangsa – Desa Carangrejo, 26 Agustus 2023 – Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat Tematik (KPMT) dari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang telah menggelar kegiatan sosialisasi Program Sekolah Perempuan (Sekoper) & Kesetaraan Gender di Balai Desa Carangrejo. Acara ini dihadiri oleh sejumlah Kader PKK Carangrejo, Perwakilan dari Kecamatan Kesamben Elok Faikotul H, S.E sebagai KASI Sosbud,  Dosen Pembimbing Lapangan KPMT,  Ibu Fifi Ekawati R,S.H, S.Pd. sebagai Pemateri dari Sekolah Perempuan dan Kesetaraan Gender dari Koalisi Perempuan Indonesia Sekwil Jawa Timur, Bapak Fajar selaku Ketua Pillar Pendidikan KBA dan juga perangkat desa setempat.

Kegiatan ini dimulai dengan senam jingle 3 ends yang dipandu oleh mahasiswa KPMT diikuti oleh Mahasiswa KPMT, pemateri, perangkat desa dan segenap tamu undangan.

Fifi Ekawati R,S.H, S.Pd. membahas Program Sekoper, yang bertujuan untuk memberikan pendidikan yang setara dan berkualitas bagi perempuan di desa Carangrejo. Dalam presentasinya, beliau menggarisbawahi pentingnya memberikan kesempatan pendidikan yang sama kepada perempuan seperti yang diberikan kepada laki-laki. Fifi Ekawati R,S.H, S.Pd. juga mengajak warga desa untuk mendukung pendidikan perempuan dengan memberikan contoh-contoh nyata tentang bagaimana perempuan dapat berkontribusi positif dalam pembangunan masyarakat.

Tidak hanya itu juga Fifi Ekawati R,S.H, S.Pd juga membahas isu kesetaraan gender, termasuk pentingnya memberikan hak-hak yang sama kepada semua warga, tanpa memandang jenis kelamin. Beliau memberikan informasi tentang undang-undang dan kebijakan yang mendukung kesetaraan gender dan mengajak masyarakat untuk menjadi agen perubahan dalam memerangi diskriminasi gender.

Kegiatan ini juga melibatkan interaksi antara pemateri dan peserta. Ada sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya tentang Program Sekoper, kesetaraan gender, dan berbagi pengalaman mereka terkait topik-topik tersebut.

Perwakilan OPD Kecamatan Kesamben Ibu Elok Faikotul H, S.E sebagai KASI Sosbud Kecamatan Kesamben mengatakan, “Di desa yang aktif bukan hanya Bapak-Bapak perangkat tetapi juga istrinya perangkat, untuk Ibu-Ibu kader PKK terima kasih sudah ikut mengaktifkan Desa. Karena Indonesia maju bukan dari kotanya melainkan dari linit-linit kecil yang ada di desa, untuk itu harapannya diDesa Carangrejo SEKOPER (Sekolah Perempuan) terbentuk, dan juga setelah adik-adik KPM kembali kekampusnya SEKOPER disini tidak bubar karena tidak ada yang merawat. SEKOPER ini sendiri untuk meningkatkan kualitas diri dan golsnya adalah untuk perubahan perilaku dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi”.

Tim Penggerak PKK, Ibu Sekdes, turut mengapresiasi upaya mahasiswa KPMT dalam membawa Program Sekoper dan kesetaraan gender ke desa mereka. Beliau mengatakan, “Kami mendukung program ini sepenuhnya dan berkomitmen untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara, program ini akan dijalankan didesa beserta pemberdayaan untuk program desa di tahun yang akan datang”.

Kegiatan sosialisasi Program Sekolah Perempuan (Sekoper) dan Kesetaraan Gender ini ditutup dengan sesi foto bersama antara mahasiswa KPMT, pemateri, perangkat desa dan tamu undangan. Mahasiswa KPMT berharap bahwa program ini akan membantu menciptakan perubahan positif dalam pendidikan dan kesetaraan gender di Desa Carangrejo, serta menginspirasi masyarakat untuk berperan aktif dalam mencapai tujuan ini.

#UNIPDU

#KPM-T XII UNIPDU

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis