Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 10 Jul 2023 00:25 WIB ·

Mahasiswa Fasilkom UPN Jatim Mendapatkan Pengalaman Kerja Melalui Program MBKM Magang Mandiri di Monster Group!


 Mahasiswa Fasilkom UPN Jatim Mendapatkan Pengalaman Kerja Melalui Program MBKM Magang Mandiri di Monster Group! Perbesar

Mahasiswa Fasilkom UPN Jatim Mendapatkan Pengalaman Kerja Melalui Program MBKM Magang Mandiri di Monster Group!

Mahasiswa Fasilkom UPN Jatim Mendapatkan Pengalaman Kerja Melalui Program MBKM Magang Mandiri di Monster Group!

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan (Kemdikbud, 2022). Banyak program Kampus Merdeka yang dapat di ikuti mahasiswa guna mengasah skill untuk mempersiapkan karier di masa depan, salah satunya adalah program Magang atau Praktik Kerja Industri. Magang atau Praktik Kerja adalah aktivitas pembelajaran yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa Kependidikan dan Non Kependidikan mengenai kegiatan riil di lembaga pendidikan dan atau industri sehingga mahasiswa memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya (Kampus Merdeka UM, 2021). Oleh karena itu, UPN “Veteran” Jawa Timur, khususnya Fakultas Ilmu Komputer turut serta menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbud dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer melalui kegiatan MBKM Mandiri – Fakultas dengan melakukan MOU kepada Perusahaan Mitra, salah satunya adalah PT. Monster Group.

Monster Group adalah grup perusahaan berbasis teknologi terkemuka yang didirikan pada tahun 2011. Diawali sebagai Telco Service Provider, segmentasi bisnis Monster Group telah berkembang mencakup HR Service Solution, IT 360 Solution, dan Creative Powerhouse. Saat ini Monster Group berkantor pusat di Indonesia dan memiliki lebih dari 300 karyawan dari beragam anak perusahaan. Selain kantor pusat yang berada di Ciputat, Monster Group juga memiliki tujuh kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan empat kantor cabang di beberapa negara, seperti Singapura, Vietnam, dan Amerika Serikat. PT. Monster Group merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi yang menyadari pentingnya pengelolaan sumber daya teknologi untuk dilakukan pembaharuan demi terciptanya lingkungan kerja dan sarana pengaplikasian dalam melakukan manajemen yang lebih baik. Oleh karena itu, Monster Group berencana untuk mengembangkan aplikasi TOGI Resource Management System (TRMS) untuk efisiensi dan kelancaran dalam menemukan kandidat pegawai yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka. Maka untuk merealisasikan rencana tersebut, Monster Group memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangan aplikasi website tersebut dalam kegiatan MBKM Magang Mandiri dengan Mitra Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur. Program MBKM Magang Mandiri – Fakultas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 6 bulan dimulai dari bulan Maret hingga September 2023.

Rizky Achmad Hafidhin (Rizky), seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur berkesempatan untuk mengikuti MBKM Magang Mandiri – Fakultas ini sebagai Backend Developer, Rizky berkesempatan untuk mengerjakan project TOGI Resource Management System (TRMS). Dalam pelaksanaan magang tersebut Rizky melakukan pekerjaan seperti, membuat database aplikasi, melakukan pemrograman pada sisi backend, dan juga mengintegrasikan aplikasi sehingga siap untuk digunakan.

TOGI Resource Management System (TRMS) adalah sebuah website yang dirancang khusus oleh TOG Indonesia untuk membantu Monster Group dalam mengelola sumber daya lingkup internal perusahaan agar lebih efisien. Dengan adanya TRMS, perusahaan dapat memantau dan mengatur kandidat yang akan melamar pekerjaan dengan beberapa fitur yang ada didalamnya baik untuk kandidat pelamar ataupun administrator web tersebut. Website ini juga mampu memberikan akses real-time terhadap data dan informasi yang relevan, memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan yang tepat waktu dan mengoptimalkan alokasi sumber daya yang ada. Sebagai langkah utama untuk mencapai tujuan ini, Monster Group memahami pentingnya pengembangan teknologi yang handal dan inovatif. Dengan pengembangan aplikasi TRMS, Monster Group berharap dapat mengoptimalkan pengelolaan sumber daya internal mereka dan mempermudah human resource dalam memilah kandidat yang lebih baik dan berkompetensi untuk dapat menjadi bagian dari Monster Group.

Berdasarkan program MBKM Magang Mandiri – Fakultas yang dikuti, Rizky mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman, khususnya dalam dunia kerja. Rizky berharap program MBKM seperti ini akan terus berkembang, agar para mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu di bangku kuliah saja, tetapi dapat langsung merasakan project riil yang dikerjakan di dunia kerja.

Artikel ini telah dibaca 41 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains