Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 4 Oct 2022 04:33 WIB ·

Magang di Program Magang Kampus Merdeka


 Magang di Program Magang Kampus Merdeka Perbesar

Magang merupakan pengalaman kerja yang ditawarkan oleh suatu organisasi atau perusahaan dalam periode waktu terbatas. Seiring dengan perkembangan jaman, magang menjadi salah satu pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk memperdalam skill. Faktanya, di beberapa perusahaan besar, pengalaman kerja seperti magang akan menjadi salah satu syarat untuk melamar pekerjaan.

Melihat hal ini menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yaitu Nadiem Makarim membuat sebuah program yaitu Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). MBKM adalah program yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

MBKM resmi diluncurkan pada awal tahun 2020 dan awal tahun 2022 merupakan batch 3 sejak program ini diluncurkan. Feedback yang didapatkan dari program ini sangatlah besar, dilihat dari jumlah mahasiwa yang medaftar program ini meningkat disetiap batchnya. Data yang diberikan oleh Dikti Kemdikbud pada tahun 2021 sebanyak 13.272 mahasiswa mengikuti program magang ini.

Benefit yang diberikan adalah biaya bantuan hidup, biaya mobilisasi, sistem kredit semester dan kesempatan untuk magang di perusahaan besar. Dengan benefit-benefit berikan tidak sedikit mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program ini. Selain itu mahasiswa bisa mengikuti program ini sebanyak maksimal 2 kali, dengan syarat minimal semester 5 dan maksimal semester 7.

Salah satu perusahaan yang mendaftar dalam program ini adalah Shopee, Tokopedia, Gojek, BCA, BRI, Transmedia, Telkomsel, PT Disty Teknologi Indonesia, PLN dan masih banyak lagi. Program MBKM ini tidak hanya menguntungkan bagi mahasiswa akan tetapi, juga menguntungkan bagi para perusahaan. Dikarenakan perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja tambahan dengan bantuan biaya dari pemerintah, dan mendapatkan brand awareness.

Sebagai program dari menteri pendidikan dan kebudayaan, universitas juga turut serta dalam program ini. Sebagai contohnya, dengan bekerja sama dengan program ini seperti memberikan konversi sistem kredit semester bagi mahasiswa yang ingi mengikuti program ini. Sehingga mahasiswa yang mengikuti program ini dapat mengikuti magang dengan tenang, tanpa perlu pusing untuk membagi waktu dengan kuliah, karena universitas telah membantu mereka.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

Trending di Bisnis