Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 May 2022 13:30 WIB ·

Machine Learning : Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya


 pengertian dan cara kerja machine learning Perbesar

pengertian dan cara kerja machine learning

Mari kenali apa itu machine learning, bagaimana cara kerjanya serta apa saja jenis – jenisnya.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) saat ini. Belum banyak orang yang mengetahui bahwa kecerdasan buatan itu terdiri dari beberapa cabang, salah satunya adalah machine learning atau pembelajaran mesin.

Machine Learning adalah turunan dari teknologi artificial intelligence (AI), yag memberikan kemampuan bagi perangkat untuk mempelajari pola tertentu sehingga dapat mengembangkan diri tanpa pengkodean apapun.

  1. Sederhananya, teknologi ini membuat mesin menjadi lebih mirip seperti manusia sehingga dapat mengambil keputusan dan mengembangkan program mereka sendiri berdasarkan apa yang dipelajari.

Teknologi ini dapat berjalan tanpa butuh campur tangan banyak dari manusia. Proses pembelajaran dikembangkan dan ditingkatkan berdasarkan pengalaman mesin selama proses pembelajaran berlangsung.

Bagaimana Cara Kerja Machine Learning ?

cara kerja machine learning

cara kerja machine learning

Terdapat 3 bagian utama dalam sistem pembelajaran mesin yaitu :

  1. Model : Sistem yang berfungsi untuk membuat prediksi.
  2. Parameter : Faktor – faktor yang dipertimbangkan oleh model untuk membuat prediksi.
  3. Learner : Penyesuaian dalam parameter dan model untuk menyelaraskan prediksi dengan hasil aktual.

Dari cara kerja yang telah disebutkan di atas, Machine Learning dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  1. Supervised Learning, merupakan sebuah pemodelan dimana algoritmanya dapat membangkitkan suatu fungsi yang memetakan input ke output yang diinginkan.
  2. Unsupervised Learning, merupakan sebuah pemodelan dimana algoritmanya memodelkan sekumpulan input secara otomatis tanpa adanya panduan output yang diinginkan.
  3. Semi-supervised Learning, Pendekatan pembelajaran mesin ini melibatkan campuran dari dua cara sebelumnya. Ilmuwan data dapat memasukkan algoritma yang sebagian besar diberi label data pelatihan. tetapi model tersebut bebas menjelajahi datanya sendiri dan mengembangkan pemahamannya sendiri tentang kumpulan data yang ada.
  4. Reinforcement Learning, Menggunakan pembelajaran penguatan untuk mengajarkan mesin guna menyelesaikan proses multi-langkah yang aturanya ditentukan dengan jelas. Ilmuwan data memprogram algoritma untuk menyelesaikan tugas dan memberinya isyarat positif atau negatif saat algoritma berhasil menyelesakan tugas. Tetapi untuk sebagian besar, algoritma memutskan sendiri langkah – langkah apa saja yang harus diambil di sepanjang jalan.

Demikianlah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang machine learning. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat, dan sampai bertemu di artikel – artikel selanjutnyaa !!

Baca Juga : Manfaat Mengenali Potensi Diri

 

Artikel ini telah dibaca 244 kali

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan