Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 27 May 2022 01:47 WIB ·

Macam macam baterai yang digunakan oleh perangkat elektronik sehari hari


 Macam macam baterai yang digunakan oleh perangkat elektronik sehari hari Perbesar

Pada kehidupan sehari-hari kita tidak mungkin menghindari perangkat elektronik. Untuk menghidupkan perangkat elektronik ini membutuhkan sumber daya, yang didapat dari arus listrik langsung atau menggunakan baterai. Untuk tipe tipe baterai dapat dibagi oleh tipe bahan dasar dari baterai tersebut yang akan menentukan apakah baterai tersebut dapat diisi ulang dayanya, Yuk simak tipe tipe baterai yang sering digunakan pada perangkat elektronik di kehidupan kita sehari hari:

Baterai sekali pakai:

  1. Baterai Zinc-Carbon: Sering disebut sebagai baterai “Heavy duty” atau “Super Heavy Duty” untuk rangkaian yang menarik arus yang tinggi. Contohnya adalah baterai dari Eveready Super Heavy Duty.
  2. Baterai Alkaline/ Alkali: Baterai dengan bahan dasar alkalin merupakan baterai yang lebih mahal namun memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Contohnya adalah baterai dari Energizer.
  3. Baterai Litium: Baterai dengan bahan dasar litium merupakan tipe baterai yang memiliki daya tahan paling baik diantara tipe lain lainnya. Contohnya adalah Energizer Ultimate Lithium.
  4. Baterai Silver Oksida: Baterai ini merupakan bahan dasar yang paling mahal dikarenakan menggunakan material silver, namun dapat menghasilkan energi yang besar dengan bentuk yang kecil. Contohnya adalah baterai kancing SR1120W.

Baterai Isi Ulang:

  1. Baterai Nickel-Cadmium: Baterai isi ulang memiliki kekurangan yaitu baterai isi ulang memiliki istilah self discharge yaitu suatu kondisi dimana baterai isi ulang akan menggunakan daya yang terdapat pada baterai. Dalam contoh baterai cikel kadmium ini melakukan self discharge hingga 30% kapasitas baterai setiap bulan.
  2. Baterai Nickel- Metal Hydride: Baterai ini memiliki kapasitas lebih tinggi dibandingkan nikel – kadmium hingga sebesar 30% lebih tinggi. Baterai nickel – metal hydride ini memiliki self discharge sebesar 40% setiap bulan.
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

Trending di Bisnis