Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 26 Dec 2022 12:18 WIB ·

Langkah Awal Front-End Web Development Dengan Ikut Program MSIB Kampus Merdeka


 Skilvul X Kampus Merdeka dalam Program Studi Independen Bersertifikat Batch 3 | Kredit Foto: Skilvul Perbesar

Skilvul X Kampus Merdeka dalam Program Studi Independen Bersertifikat Batch 3 | Kredit Foto: Skilvul

Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), mahasiswa bisa menjalani pengalaman pembelajaran di luar universitas dan program studi.

Program MBKM terdiri dari berbagai program yang diadakan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills. Salah satu programnya yaitu Progrm Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Antusias mahasiswa untuk mengikuti program ini membuat UPN “Veteran” Jawa Timur mendapat peringkat ke-2 untuk jumlah mahasiswa yang lolos. Salah satu mahasiswa tersebut adalah Felliani Kurniawati (20), merupakan mahasiswa Program Studi Informatika UPN “Veteran” Jawa Timur.

Saya berhasil menjadi salah satu peserta Program Studi Independen di Skilvul oleh PT Impactbyte Teknologi Edukasi pada learning track Front-end Web Development.

Pelaksanaan Program Studi Independen

Saya memilih untuk mempelajari Front-end Web Development dengan harapan ilmu yang didapat bisa digunakan di dalam dunia kerja. Ini merupakan langkah awal saya menjadi Front-end Web Developer. Saya juga tertarik di jalur pembelajaran ini di Skilvul karena proses pembelajarannya mengikuti era industri sekarang.

Pembelajaran saya ikuti secara daring selama 5 bulan dari 3 Agustus – 21 Desember 2022. Pada tanggal 3 Agustus 2022, saya menghadiri Onboarding sebagai bentuk perkenalan mengenai Skilvul, program pembelajaran, penilaian dan jadwal pembelajaran selama 1 semester.

Dokumentasi Kelas Skilvul

Dokumentasi Kelas Skilvul | Kredit Foto: Felliani Kurniawati

Setelah sesi ini, saya mendapat tugas untuk memilih challenge yang akan digunakan sebagai tema group final project. Saya memutuskan untuk memilih tema kesehatan dari Challenge Partner Skilvul. Menurut saya, permasalahan kesehatan di Indonesia sangat memprihatinkan, sehingga saya ingin membuat solusi digital yang bisa membantu masyarakat.

Setelah memilih challenge, peserta program akan dibagi dalam kelompok. Setelah itu dilanjutkan dengan pembelajaran. Pembelajaran dibagi beberapa tahapan yaitu Product Innovation, Product Development, Basic Coding dan Bootcamp.

Selama pembelajaran, saya mendapatkan materi secara live class, kuis, penugasan individu maupun penugasan kelompok. Selain itu, mendapatkan bimbingan dari mentor di luar jam kelas selama pembelajaran.

Mentor membantu permasalahan yang dialami penulis selama pembelajaran | Kredit Foto: Felliani Kurniawati

Mentor membantu permasalahan yang dialami penulis selama pembelajaran | Kredit Foto: Felliani Kurniawati

Pada akhir program, peserta akan mendapat final project berupa membuat aplikasi berbasis website. Pada proyek akhir ini, saya membuat aplikasi rekam medis elektronik sebagai salah satu bentuk solusi digital dari permasalahan yang diberikan challenge partner.

Tampilan Aplikasi Rekam Medis Elektronik MedTech | Kredit Foto: Felliani Kurniawati

Tampilan Aplikasi Rekam Medis Elektronik MedTech | Kredit Foto: Felliani Kurniawati

Proyek akhir ini bernama “MedTech”. Aplikasi MedTech adalah aplikasi rekam medis elektronik berbasis website yang terintegrasi dengan eksternal API. Target pengguna yaitu klinik atau fasilitas kesehatan yang menggunakan rekam medis manual untuk penyimpanan data pasien.

Perkembangan Peserta Selama Program

Selain pembelajaran mengenai teknis, saya mendapat pembelajaran mengenai soft skill dan career development. Dengan adanya kegiatan ini, saya mendapat inspirasi dan pengetahuan yang tidak bisa saya dapatkan di tempat lain. Detail pembelajaran yang dijelaskan sangat membantu saya dalam memperbaiki diri dan mempersiapkan karier di masa depan.

Kesimpulan

Secara umum, dengan adanya program MSIB, membawa dampak positif bagi peserta yang mengikuti. Dengan kesempatan ini, saya merasa bahwa ilmu, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang didapat sangat meningkatkan diri saya sendiri dan menjadi bekal sekaligus kesempatan untuk mempersiapkan diri untuk bekerja di industri.

Adapun kepada mitra, yaitu PT Impactbtyte Teknologi Edukasi (Skilvul) saya berterima kasih atas kesempatannya. Program ini melebihi ekspetasi saya. Kesempatan ini menjadi langkah awal saya untuk terjun dan berkarier di Front-end Web Developer.

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan