Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 9 May 2023 13:30 WIB ·

Kunci dari pengentasan kemiskinan adalah penciptaan lapangan kerja. Sementara, kunci penciptaan lapangan kerja adalah perbaikan iklim investasi.

Dalam assessment-nya, World Bank menyebut Indonesia memiliki rekam jejak pengentasan kemiskinan yang mengesankan. Bahkan dapat membangun di atas keberhasilan tersebut, untuk mengatasi target pengentasan kemiskinan yang lebih ambisius.

Ini tentu sesuatu yang patut kita syukuri, berkat upaya dari segenap pihak –termasuk dukungan politik terhadap berbagai kebijakan selama ini.

Pengentasan kemiskinan memang menjadi salah satu fokus pemerintah. Target Presiden sangat jelas: kemiskinan ekstrem harus ditekan hingga 0% di tahun 2024.

Pemerintah melalui Omnibus Law terus mendorong perbaikan iklim investasi sekaligus penciptaan kesempatan bekerja yang lebih luas. Produktivitas masyarakat dipacu lewat kemudahan kesempatan berusaha, simplifikasi regulasi, dan reformasi birokrasi. Sektor UMKM pun kita permudah dalam mengakses pembiayaan.

Misi mengentaskan kemiskinan tentu memiliki tantangan tersendiri: ketimpangan antarwilayah, keterbatasan akses masyarakat terhadap layanan pendidikan & kesehatan, efektivitas program, dan sinergi Pemerintah Pusat-Daerah menjadi sesuatu yang harus konsisten kita perbaiki.

Kita optimis target pengentasan kemiskinan di Indonesia bisa menjadi nyata. Saya juga berharap hubungan World Bank dengan para policy maker di Indonesia bisa semakin erat dan kuat.

Dari event High-Level Launch Event for the World Bank’s Indonesia Poverty Assessment – Pathways Toward Economic Security

Jakarta, 9 Mei 2023

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan