Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 17 Nov 2023 08:01 WIB ·

KJRI Cape Town Fasilitasi Kerja Sama Denpasar dengan Mossel Bay


 KJRI Cape Town Fasilitasi Kerja Sama Denpasar dengan Mossel Bay Perbesar

Media Bangsa – Konsulat Jenderal Republik Indonesia Cape Town fasilitasi pembaruan kerja sama Sister City Denpasar-Mossel Bay, Afrika Selatan melalui penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani pada akhir Januari dan Februari 2023.

Konsul Jenderal RI Cape Town, Tudiono, menyerahkan langsung MoU yang ditandatangani Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara kepada Walikota Mossel Bay dan jajarannya pada Rabu (15/11/2023).

“Kami berharap hubungan dan kerja sama dapat lebih ditingkatkan secara konkrit untuk kemanfaatan masyarakat kedua pihak mengingat opportunity window saat ini terbuka lebar,” ujar Tudiono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (16/11/2022).

Tudiono mengatakan, bahwa kerja sama Sister City ini diperluas dengan penambahan bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan keorganisasian, selain itu masa berlaku perjanjian juga diperpanjang dari tiga menjadi lima tahun yang telah dimulai sejak 2019 namun terhambat pandemi pada 2020-2022.

Selain itu, lingkup kerja sama juga diperbarui yang meliputi peningkatan kerja sama bidang promosi budaya dan pariwisata, ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas SDM bagi pelaku bidang-bidang tersebut.

Denpasar dan Mossel Bay memiliki prioritas ekonomi yang bertumpu pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“KJRI Cape Town siap mendukung suksesnya kerja sama dan siap mengeksplor kerja sama lebih lanjut,” ujar Tudiono

Salah satu bentuk kerja sama adalah penyelenggaraan Indonesian Folk Market di Mossel Bay pada Maret 2024 yang sebelumnya sukses diadakan di KJRI Cape Town pada 14 Oktober 2023.

Indonesian Folk Market memamerkan produk kuliner dan kerajinan tangan dari Indonesia seperti batik, selain itu acara tersebut juga menampilkan tarian tradisional dan hiburan musik serta pertemuan B2B (business to business).

Sementara itu Walikota Mossel Bay mengaku senang dengan pembaruan kerja sama Sister City dan berharap kerja sama ini dapat dilaksanakan secara efektif ke depan.

Mengenai bidang kerja sama yang dapat dieksplorasi, pemerintah Mossel Bay menyampaikan kemungkinan memperluas kerja sama di bidang pertukaran budaya, teknologi fiber, peningkatan ekspor impor serta motorsport.

Selain itu pemerintah Mossel Bay juga berharap ada kerja sama antar pemuda sebagai generasi penerus yang akan berperang dalam pembangunan, pemerintahan dan kemajuan bangsa.

Sebagai simbol kedekatan Mossel Bay dengan Denpasar, kota itu akan memberi nama salah satu ruang di Balai Kota dengan nama kota itu akan memberi nama salah satu ruang di Balai Kota dengan nama Denpasar.

Proses yang sedang berjalan itu diharapkan dapat diresmikan pada saat penyelenggaraan Indonesian Folk Market pada Maret 2024.

Mossel Bay merupakan kota pelabuhan dan dikenal sebagai salah satu kota wisata penting di Provinsi Western Cape, Afrika Selatan.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Ini Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Petani

11 April 2024 - 11:33 WIB

KKP Raih Pengakuan Standar Internasional Antisuap

11 April 2024 - 11:23 WIB

Trending di Bisnis