Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 1 Oct 2023 20:46 WIB ·

*Ketua Umum IMI Bamsoet Buka Diklat Rescue Journey Angkatan ke-2 tahun 2023*

*JAKARTA* – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo membuka Diklat Rescue Journey Angkatan ke-2 tahun 2023. Diikuti 140 peserta dari berbagai komunitas otomotif. Diselenggarakan atas kerjasama IMI bersama Ride Safety Culture Education Journey (RESCUE), INAnews, 645 Magazine, Tekiro Handtools, serta Mayapada Hospital, serta berbagai elemen organisasi pendukung lainnya.

“Kegiatan pembekalan rescue dan pelatihan safety riding ini sangat urgent dan krusial, mengingat jumlah kuantitas dan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas di Indonesia cukup tinggi. Sebagai gambaran, BPS mencatat angka kecelakaan lalu lintas pada tahun 2021 mencapai 103.645 kasus, dan menyebabkan 25.266 korban meninggal. Kemudian pada periode Januari 2022 hingga September 2022 lalu, Korlantas Polri mencatat sebanyak 94.617 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan raya,” ujar Bamsoet saat membuka Diklat Rescue Journey Angkatan ke-2 tahun 2023 di Jakarta, Minggu (1/10/23).

Hadir antara lain Media dan Komunikas IMI Pusat Dwi Nugroho, Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, Ketua Dewan Penasihat motor Besar Indonesia Basrizal Koto dan Ketua Umum Motor besar Indonesia Rio Castello.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, pada beberapa momen libur panjang, khususnya pada perayaan hari besar keagamaan, jumlah kecelakaan lalu lintas juga meningkat secara signifikan. Misalnya pada saat Operasi Lilin dalam rangka perayaan Natal 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas naik 11 persen dari tahun sebelumnya. Kemudian pada saat arus mudik lebaran 2023, tercatat sebanyak 1.457 kasus kecelakaan yang menyebabkan 189 korban tewas.

“Sebagian besar atau sekitar 61 persen kecelakaan di jalan disebabkan oleh faktor manusia, khususnya pengendara roda dua. Menurut data Korlantas Polri, dari total kasus kecelakaan lalu lintas, sebanyak 70 persen diantaranya melibatkan kendaraan roda dua. Ini berbanding lurus dengan fakta, bahwa hingga Juli 2023, jumlah kepemilikan kendaraan roda dua mencapai 130,5 juta unit, atau sekitar 83,45 persen dari total kepemilikan kendaraan pribadi di Indonesia,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, dibandingkan dengan negara lain, saat ini Indonesia menempati peringkat ke-19 dalam angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas, dengan rasio angka kematian sebesar 11 per 100.000 penduduk. Dalam aspek fatalitas korban kecelakaan, sebagian besar kecacatan atau kematian korban kecelakaan, disebabkan oleh keterlambatan atau kesalahan dalam memberikan pertolongan.

“Menjadi keprihatinan kita bersama, bahwa masih banyak pengendara yang belum memahami beberapa pengetahuan dasar dalam memberikan pertolongan pada korban kecelakaan. Misalnya mengendalikan atau menghentikan pendarahan, membebaskan jalan pernafasan, mengevakuasi korban ke tempat yang aman, dan lain-lain. Disinilah pentingnya penyelenggaraan pembekalan dan pelatihan pada hari ini yang menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya,” pungkas Bamsoet. (*)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan