Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 Dec 2022 16:37 WIB ·

Kesempatan Mahasiswa dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja melalui Program MSIB Batch 3 sebagai Quality Assurance di PT Solusi Tiga Selaras


 Kesempatan Mahasiswa dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja melalui Program MSIB Batch 3 sebagai Quality Assurance di PT Solusi Tiga Selaras Perbesar

Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program ini menawarkan beberapa program, yakni Magang Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar, dan Studi Proyek Independen Bersertifikat.

Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/ dunia profesi nyata selama 1 semester.

Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantap untuk memasuki dunia kerja dan kariernya.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) kembali membuka pendaftaran peserta angkatan ke-3 dengan kuota 40 ribu mahasiswa. Kali ini, program tersebut melibatkan 128 mitra yang berasal dari perusahaan maupun institusi dengan membuka 36.203 lowongan. Salah satu mitranya adalah PT Solusi Tiga Selaras.

Logo PT Solusi Tiga Selaras (Solutif)

PT Solusi Tiga Selaras atau yang juga dikenal dengan Solutif merupakan perusahaan yang berfokus pada penyediaan layanan Contact Center kepada pelanggan.Layanan lain yang diberikan Solutif adalah platform CallON.id & PeriksaLab.id, dimana CallON merupakan platform untuk mempertemukan antara pemberi kerja dan pencari kerja khususnya dalam bidang Contact Center, sedangkan PeriksaLab adalah platform yang bekerja sama dengan rumah sakit, klinik dan laboratorium menyediakan layanan kesehatan ke rumah atau kantor.

Pada Batch ketiga kali ini, PT Solusi Tiga Selaras membuka tiga posisi pada program magang bersertifikat yang di antaranya, Qualty Assurance, Full Stack Developer, dan Product Owner. Ketiga posisi tersebut dapat diisi oleh seluruh mahasiswa dari berbagi universitas di Indonesia dengan kualifikasi yang ada

Saya, Fahreo Iddo Putera Dewangga salah satu peserta Magang Bersertifikat dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Prodi Sistem Informasi yang berhasil lolos dalam seleksi untuk mengikuti program MSIB Batch 3 di PT Solusi Tiga Selaras (Solutif). Untuk posisi yang saya ikuti dalam program ini adalah sebagai Quality Assurance.

Quality Assurance atau yang biasa dikenal dengan sebutan QA adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan kualitas sebuah produk memenuhi standar kualifikasi yang ditetapkan sebuah perusahaan.

Dalam magang di PT. Solusi Tiga Selaras ini terdapat berbagai proyek yang akan dikerjakan oleh peserta MSIB. Disetiap proyek ini terbagi menjadi beberapa tim yang berisi gabungan dari Project Owner, Fullstack Developer, dan Quality Assurance. Saya sendiri disini mendapatkan proyek Periksalab dan tergabung sebagai tim Payment. Tim Payment Periksalab ini lebih berfokus pada Order Management, Transaction Reconciliation Report, dan Financial Report.

Contoh Kegiatan Daily Meet Tim Payment Periksalab

Untuk pengerjaan proyek tersebut digunakan metode SCRUM yang dimana dibagi menjadi 5 sprint yang pada setiap seprint memiliki waktu 2 minggu. Sebagai Quality Assurance, Saya berkontribusi dalam menyampaikan perkembangan pengujian, progres pekerjaan, temuan bug, dan pandangan penulis terhadap suatu kendala yang dialami oleh rekan sesama. Informasi pengujian yang disampaikan adalah berupa fungsionalitas apa saja yang telah diuji dan test case mana saja yang telah dibuat.

Dengan adanya program MSIB memberikan berbagai keuntungan bagi mahasiswa yang di antaranya mahasiswa akan mendapatkan pengalaman untuk bekerja bersama mitra, konversi mata kuliah sebesar 20 SKS, dan biaya bantuan hidup yang diberikan oleh Kemendikbutristekdikti selama program magang berlangsung. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan banyak relasi baru dari tim lain yang tentunya berasal dari berbagai kampus di Indonesia.

Penulis : Fahreo Iddo Putera Dewangga

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis