Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 2 Feb 2024 07:00 WIB ·

Kemnaker Tingkatkan Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Hadapi Tantangan Pasar Kerja


 Kemnaker Tingkatkan Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Hadapi Tantangan Pasar Kerja Perbesar

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan pasar kerja dan perubahan teknologi, yang membutuhan adaptasi sehingga daya saing tenaga kerja di Indonesia mampu menyokong ekonomi saat menghadapi aging society.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan kolaborasi dengan semua pihak menjadi fondasi penting, bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

“Kolaborasi yang erat dari berbagai pemangku kepentingan dapat memberikan manfaat maksimal untuk menghadapi tantangan dalam pengembangan SDM Indonesia,” ungkap Sekjen Anwar dalam sambutannya pada acara Focus Group Discussion (FGD) antara Kemnaker dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), di Convention Hall Fisipol UGM, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (31/1/2024).

Sekjen Anwar menuturkan, ada beberapa isu strategis yang bisa menjadi pintu masuk kolaborasi kelembagaan diantaranya melalui penguatan Balai Latihan Kerja (BLK), yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja terampil serta memahami teknologi dan pengetahuan baru yang semakin berkembang.

Isu selanjutnya ujar Sekjen Anwar, perguruan tinggi bisa memberikan masukan strategis terkait dengan internalisasi perubahan dinamika ketenagakerjaan ke dalam kebijakan di masa depan.

Selain itu, isu berikutnya yang tak kalah penting adalah dengan menjadikan magang bagi mahasiswa sebagai mekanisme untuk mengenalkan generasi muda terhadap dunia kerja.

“Melalui magang diharapkan mahasiswa dapat memahami lebih dalam akan dunia kerja,” kata Sekjen Anwar.

Anwar meminta melalui forum FGD kerja sama potensial antara UGM dan Kemnaker dalam pengembangan dan penguatan BLK, kebijakan etenagakerjaan, program Internship/Magang untuk mahasiswa dan fresh graduate dapat terwujud.

 

Sumber

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Ini Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Petani

11 April 2024 - 11:33 WIB

KKP Raih Pengakuan Standar Internasional Antisuap

11 April 2024 - 11:23 WIB

Trending di Bisnis