Pelatihan Digital Marketing Melalui Program Kampus Merdeka

Program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tujuan dari program MSIB yaitu memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk belajar melatih hard skill dan soft skill melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, untuk mendapatkan pengalaman di dunia profesi atau industri nyata selama 1 sampai 2 semester. Kemendikbudristek bekerja sama dengan lebih dari 160 mitra. Terdiri dari perusahaan, organisasi, institusi pemerintahan, hingga startup yang dapat dipilih oleh mahasiswa.

Pada program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) saya telah mengikuti serangkaian seleksi yang dilakukan oleh mitra Kampus Merdeka. Dari beberapa seleksi mitra yang saya ikuti, dinyatakan lolos program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) di PT Nurul Fikri Cipta Inovasi.

Kampus Merdeka
Logo PT Nurul Fikri Cipta Inovasi

PT Nurul Fikri Cipta Inovasi merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia. Dalam peningkatan sumber daya manusia PT Nurul Fikri Cipta Inovasi focus untuk memberikan pendidikan dan pelatihan IT (Information Technology). Pada program MSIB ini PT Nurul Fikri Cipta Inovasi menyediakan tiga topik pembelajaran yaitu Akademi Digital Marketing, Akademi Full stack Web Developer, Akademi Mobile App Developer.

Topik pembelajaran yang saya ikuti di program MSIB PT Nurul Fikri Cipta Inovasi adalah Akademi Digital Marketing. Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan teknologi digital dengan mengoptimalkan penggunaan website (landingpage produk), marketplace (Shopee), media social (Instagram), CRM, SEO, dan platform video agar mencapai target audience yang telah ditentukan. Akademi Digital Marketing saat ini memiliki peran yang sangat penting bagi perindustrian dan perekonomian. Tanpa adanya dukungan Akademi Digital Marketing yang handal atau expert, maka akan membuat sulit untuk memasarkan atau mempromosikan suatu usaha agar dapat diketahui oleh banyak orang.

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh PT Nurul Fikri Cipta Inovasi adalah Experience Learning. Peserta harus mengimplementasikan materi yang diperoleh ke dalam proyek akhir dan juga praktikum untuk setiap materinya. Materi diberikan melalui Online Learning. Selain praktikum, setiap materi juga dilengkapi dengan tugas praktik untuk memastikan pemahaman setiap peserta. Selain Hard Skill di bidang Akademi Digital Marketing. Soft Skill juga menjadi target kompetensi peserta Studi Independen yaitu untuk kerja sama tim, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Studi Independen akan ditutup dengan proyek akhir, dengan peserta dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok akan mengerjakan proyek akhir yaitu mengenai pembuatan serta pemasaran suatu produk dengan mengoptimalkan penggunaan website (landing page produk), marketplace (Shopee), media social (Instagram), CRM, SEO, dan platform video agar mencapai target audience yang telah ditentukan.

Presentasi Tugas Akhir
Presentasi Tugas Akhir

Proyek akhir yang dikerjakan adalah berasal dari permasalahan penggunaan sampah plastik yang ada di Indonesia. Penggunaaan plastik yang berlebihan di Indonesia menjadi penyebab munculnya ide Proyek Akhir. Ide proyek akhirnya adalah pengoptiman penjualan produk paperbag custom menggunakan saluran digital marketing. Tujuan dari produk paperbag custom adalah dapat menggantikan fungsi dari plastik. Diharapkan sampah dari paperbag custom dalam di daur ulang dan terurai dengan cepat tanpa harus mencemari lingkungan.

Agar proyek akhir produk paperbag custom mampu mencapai tahap penjualan, maka digunakan saluran digital marketing. Saluran digital marketing yang digunakan untuk mencapai tahap penjualan diantaranya:

  1. Membuat situs web (landingpage produk) yang khusus untuk penjualan,
  2. Menjual produk paperbag custum di marketplace (Shopee)
  3. Mempromosikan produk paperbag custom menggunakan media social (Instagram)
  4. Penggunaan CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan)
  5. Seo (Optimasi Mesin Pencari)
  6. Platform video (youtube) agar mencapai target audiens yang telah ditentukan.