Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 23 Sep 2023 14:29 WIB ·

Kelas Kepenulisan : Manifestasi Ruang Literasi Humanis Pelajar Klaten


 Kelas Kepenulisan : Manifestasi Ruang Literasi Humanis Pelajar Klaten Perbesar

Ditulis oleh : Zahy Riswahyudha Ariyanto

Kualitas Sumber Daya Manusia adalah kunci bagi pertumbuhan dan perkembangan masyarakat, dan salah satu aspek penting kualitas SDM adalah kemampuan literasi. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan arus disrupsi modern diperlukan ruang yang humanis bagi pelajar guna mengasah kemampuan berliterasi. Melihat kebutuhan tersebut. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Klaten selaku organisasi yang bergerak di ranah pelajar, merespons dengan cepat. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Klaten mencetuskan kelas kepenulisan sebagai ruang humanis bagi pelajar untuk mengasah kemampuan literasi, sehingga kelas kepenulisan dapat memainkan peran yang semakin penting dalam mengaktualisasikan minat dan bakat literasi para pelajar. Kelas kepenulisan ini sebagai rangkaian dari kegiatan Sekolah Kader 2023. Adapun tujuan dan ruang lingkup kelas kepenulisan ini adalah.

Guna Mendorong Kreativitas dan Ekspresi Diri

Kelas kepenulisan memberikan wadah yang ideal bagi pelajar untuk mengekspresikan diri mereka dengan bebas. Ini adalah tempat di mana mereka dapat menjelajahi ide-ide, menceritakan cerita, atau berbagi pandangan mereka tentang dinamika sosial. Kelas kepenulisan didesain dengan suasana yang mendukung, pelajar dapat mengembangkan kreativitas mereka dan menemukan argumentasi mereka sendiri dalam tulisan. Inilah tempat di mana minat dan bakat literasi mereka bisa berkembang dengan dukungan-dukungan yang mendukung progresivitas mereka dalam menulis.

Pengembangan Kemampuan Analisis Kritis

Pendekatan literasi humanis juga mendukung pengembangan kemampuan analisis kritis. Di  dalam kelas kepenulisan, peserta diajak untuk menganalisis teks dengan lebih mendalam, mengidentifikasi tema, motif, dan pesan yang tersembunyi. Kemampuan ini bukan hanya berguna dalam pemahaman menulis kreatif, tetapi juga dalam mengevaluasi informasi dalam kehidupan sehari-hari dan membuat keputusan yang berlandaskan pemikiran kritis.

Mengasah Keterampilan Komunikasi

Keterampilan menulis adalah keterampilan menginterpretasikan gagasan ke dalam ragam tulis. Kelas kepenulisan membantu peserta memahami pentingnya komunikasi yang efektif melalui tulisan. Mereka belajar bagaimana menyampaikan pesan dengan jelas, mengatur ide-ide, dan menggunakan bahasa yang tepat. Keterampilan ini tidak hanya berguna dalam lingkungan akademis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Menggali Beragam Gaya dan Genre Tulisan

Kelas kepenulisan juga membuka pintu untuk memahami beragam gaya dan genre dalam dunia tulisan. Peserta dapat belajar tentang puisi, prosa fiksi, nonfiksi, esai, dan banyak lagi. Ini membantu mereka mengembangkan apresiasi yang lebih dalam terhadap keragaman literasi dan menginspirasi mereka untuk menjelajahi jenis-jenis teks yang beragam. Beberapa pelajar mungkin menemukan minat khusus dalam genre tertentu dan bahkan melanjutkannya sebagai hoby menulis.

Membangun Kepercayaan Diri

Kelas kepenulisan juga berperan dalam membangun kepercayaan diri pelajar. Ketika mereka melihat karya-karya mereka dibaca dan diterima oleh khalayak umum, mereka mendapatkan kepuasan dan dorongan untuk terus berkembang dan berkarya. Hal ini membantu mereka merasa lebih percaya diri bahwa karya yang telah mereka buat dapat bermanfaat bagi orang lain.

“Kelas kepenulisan ini sangat bermanfaat, di sini kita berbagi pengetahuan baru, menumbuhkan minat baru sehingga bisa mendapatkan pengalaman baru di bidang kepenulisan.” Ujar Ershinta, salah satu peserta di kelas kepenulisan.

Kelas kepenulisan bukan hanya tentang mengajarkan keterampilan menulis, tetapi juga tentang mengaktualisasikan minat dan bakat literasi pelajar. Ini adalah tempat di mana kreativitas bermekaran, keterampilan komunikasi ditingkatkan, keragaman gaya dan genre diperkenalkan, dan kepercayaan diri dibangun. Ruang yang humanis menjadi wadah yang nyaman bagi pelajar untuk mengeskpresikan diri. Dengan demikian, pendidikan literasi tidak hanya menjadi tugas, tetapi juga sebuah petualangan yang membawa manfaat seumur hidup bagi pelajar.

 

Artikel ini telah dibaca 60 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan