Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 May 2022 14:17 WIB ·

Kegunaan Google Form Untuk Penilaian Tugas Siswa SD


 Kegunaan Google Form Untuk Penilaian Tugas Siswa SD Perbesar

Pandemi Covid-19 berdampak pada pelaksanaan dan penilaian pembelajaran di sekolah. Guru tidak bisa melakukan tatap muka di kelas seperti halnya siswa. Guru tetap berusaha semaksimal mungkin di tengah pandemi ini baik dari segi pembelajaran maupun siswa. Salah satu software yang mudah diakses, mudah digunakan, dan cukup baik untuk mengevaluasi pekerjaan siswa sekolah dasar adalah Google Form.

Apa itu google form?

Google Form adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dapat digunakan untuk merencanakan acara, membuat kuesioner, mengirim survei, membuat kuis untuk siswa dan mengumpulkan informasi dengan cepat, mudah dan efisien. Formulir yang dibuat dengan Google Form disimpan secara otomatis ke Google Drive dan dapat dibagikan dengan mudah kepada siapa saja. Meskipun aplikasi ini awalnya dikenal untuk mengisi survei dan kuis, Google juga dapat digunakan oleh guru untuk membuat materi pembelajaran.

Google Form untuk evaluasi pembelajaran siswa

Adapun fungsi Google Form untuk dunia pendidikan antara lain untuk memberikan tugas latihan/ulangan online melalui laman, mengumpulkan pendapat orang, mengumpulkan berbagai data dan guru, membuat formulir pendaftaran online di sekolah, membagiakn kuesioner kepada orang-orang secara online.

Pemanfaatan Formulir Google untuk Evaluasi Pembelajaran Siswa SD

Pembelajaran jarak jauh ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus covid-19.Siswa SD dapat melakukan pembelajaran dimana saja baik di rumah maupun diluar, begitu juga dengan para pengajar. Untuk evaluasi pembelajaran seperti tugas, ujian sekolah dilakukan dengan online.

Pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dengan metode berani membuat sekolah dan guru bingung melakukan penilaian terhadap tugas siswa. Oleh karena itu guru dan sekolah mencari alternatif alat penilaian pembelajaran yang efektif dan mudah dilakukan.

Aplikasi Google Forms membuat pekerjaan guru menjadi ringan karena guru tidak perlu mengoreksi jawaban siswa. Jawaban siswa otomatis tersimpan dan langsung bisa ada skor karena sudah ada kunci jawaban.

Dari analisa awal, ternyata Google Form dapat dijadikan alat penilaian pembelajaran yang praktis, efektif, dan mudah dilakukan baik oleh guru maupun siswa sebagai objek dari penilaian. Pekerjaan guru menjadi ringan dan siswa pun bisa mengikuti penilaian dengan mudah.

Baca Juga : https://mediabangsa.co.id/berikut-kelebihan-dan-kekurangan-artificial-intelligence-dalam-dunia-pendidikan/

 

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Kelelahan luar biasa jadi penyebab ketua kpps di ujung Berung Bandung meninggal dunia

18 February 2024 - 13:09 WIB

*Terjadi Kelalaian Pemungutan Suara di TPS 02 Kel. Bulogading Kec. Ujung Pandang, Warga Desak KPU Lakukan Pemiligan Suara Ulang*

18 February 2024 - 11:28 WIB

Trending di Bisnis