Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 23 Dec 2022 20:22 WIB ·

Kegiatan Selama Mengikuti Program Studi Independen Front End Engineering Di Ruangguru


 Kegiatan Selama Mengikuti Program Studi Independen Front End Engineering Di Ruangguru Perbesar

Kampus merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir masa depan. Banyak program kampus merdeka yang dapat diikuti mahasiswa guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Untuk memperkuat komitmen tersebut, Ruangguru dalam mewujudkan pemerataan pendidikan ke seluruh Indonesia berkolaborasi dengan Kampus Merdeka dalam mencetak talenta-talenta digital dari Sabang sampai Merauke. Program ini berjalan kurang lebih 5 bulan, tepatnya dimulai pada tanggal 22 Agustus 2022 sampai 23 Desember 2022.

Pada program Studi Independen Ruangguru bersama Kampus Merdeka, materi yang diberikan kepada mahasiswa disusun langsung oleh tim ahli pengembangan konten dari Ruangguru bersama para instruktur berpengalaman dan didukung oleh teknologi canggih untuk mempermudah proses pembelajaran. Namun, sebelum menginjak pada materi mahasiswa akan mengerjakan pre-test terlebih dahulu melalui learning management system atau LMS yang bertujuan untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman mahasiswa mengenai mata kuliah atau course yang akan dipelajari. Materi akan diberikan secara asynchronous (online melalui Learning Management System) dan akan di review setiap interval waktu tertentu oleh pembimbing non-akademik. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya berfokus pada materi saja, tetapi juga pada pembelajaran untuk membentuk kebiasaan dalam melakukan praktik coding dan pengerjaan case study yang diberikan sebagai latihan dan tugas. Praktik coding dan case study diberikan berdasarkan pada permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di masyarakat dan juga bagaimana cara merancang tampilan dalam sebuah digital product (aplikasi mobile atau website) yang baik. Pemberian materi juga akan dilengkapi dengan kuis ataupun ujian pilihan ganda untuk memastikan pemahaman peserta.

Selain itu, terdapat juga sesi mentoring yang dilakukan secara 1 on 5 dan wajib diikuti sesuai fase mentoring pada course yang berjalan setiap minggu. Jadwal mentoring akan disesuaikan dengan ketersediaan waktu mentor, sehingga mahasiswa dapat memilih waktu melalui calendly.com yang telah disediakan. Mahasiswa juga dapat berkonsultasi atau bertanya langsung mengenai pemahaman materi serta kesulitan dalam mengerjakan final project atau tugas lainnya kepada para mentor di Ruang Konsultasi yang telah disediakan. Mahasiswa yang telah menyelesaikan materi dan progress-progress yang telah diberikan dapat mengerjakan post test yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan pemahaman mahasiswa mengenai course yang sudah dipelajari. Dengan begitu mahasiswa akan mendapatkan sertifikat sehingga dapat dinyatakan lulus.

Ruangguru CAMP juga mengadakan sesi pertemuan bersama antar mahasiswa dari front end engineering dan back end engineering untuk mengupdate informasi terbaru selama mengikuti kegiatan dan melakukan refreshment. Serta mengadakan webinar bagi seluruh peserta program dengan kesempatan untuk berbincang langsung dengan leadership team Ruangguru, pelaku usaha, guest experts dari dalam dan luar negeri dari berbagai bidang. Melalui Program Studi Independen di Ruangguru ini, mahasiswa akan dapat mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di dunia kerja.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Trending di Teknologi