Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 1 Oct 2023 11:04 WIB ·

Karena itu, Pancasila wajib kita jaga dan dihayati segenap bangsa Indonesia, terangnya.

MAKASSAR – Setiap tahunnya 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, sebagai penghormatan kepada tujuh anggota TNI AD yang menjadi korban G30S/PKI pada tahun 1965, sekaligus menjadi spirit serta memberi edukasi kepada generasi muda untuk menjaga idiologi bangsa.

Hal ini dikatakan Komandan Kodim 1409/Gowa, Letkol. Inf. Muhammad Isnaeni Natsir, S.I.P., saat ditemui media diruang kerjanya, Minggu, 1/10/2023.

“Iya, setiap tahun kita peringati, sebagai bentuk penghormatan sekaligus menjadi edukasi bagi generasi muda agar kita semua menjaga pancasila sebagai idiologi bangsa sekaligus menjadi spirit agar kejadian 1965 tidak terulang lagi,”, ucap Letkol Inf. Isnaeni Natsir.

Menurutnya, peringatan hari kesaktian pancasila tidak hanya menjadi serimoni belaka, akan tetapi yang mesti dipahami bagi kita semua terkhusus kepada generasi muda adalah bahwa Pancasila sebagai pondasi dasar bangsa tidak lepas dari degradasi dan rongrongan ideologi bangsa lain.

Karena itu, Pancasila wajib kita jaga dan dihayati segenap bangsa Indonesia, terangnya.

Sementara itu, Aktivis NGO Sulsel, Supriadi Tompo, saat dimintai tanggapannya mengatakan jika Hari Kesaktian Pancasila adalah Hari Nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967.

Kami setuju pernyataan Dandim 1409/Gowa, Letkol Inf. Muhammad Isnaeni Natsir, S.IP tentang pancasila sebagai idiologi negara dan kita sebagai warga negara yang baik, tentu kita wajib menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa.

“Pancasila itu sudah final. Kita harus menjaga Pancasila dari segala macam ancaman dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar”, tegas Supriadi Tompo.

“Jadi, nilai kebersamaan, kejujuran, toleransi, dan gotong royong merupakan nilai yang dapat kita peroleh dari hari kesaktian Pancasila,” kata Aktivis NGO (Non Goverment Organisasion) Sulawesi Selatan, Supriadi Tompo.

“Nilai kebersamaan, kejujuran, toleransi, dan gotong royong, itulah nilai yang kita dapatkan dalam memperingati hari kesaktian Pancasila”, pungkasnya.
Penulis; Asdar Akbar (OMBINTANG)

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peran Pengacara di Pengadilan

21 May 2024 - 11:58 WIB

Peran Pengacara di Pengadilan

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Trending di Bisnis