Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 27 Jun 2023 13:20 WIB ·

Belajar Backend Engineering Bersama PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) Dalam Program Studi Independen Bersertifikat


 Belajar Backend Engineering Bersama PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) Dalam Program Studi Independen Bersertifikat Perbesar

Back-End memiliki peranan penting dalam mendorong inovasi yang disruptif.  Tanpa dukungan back-end yang baik, website yang sudah disusun cantik tentu saja akan tidak dapat diakses. Oleh karena itu, peranan back-end sangatlah penting dalam membangun website yang bisa diakses dengan lancar. Tujuannya adalah dapat membangun komponen Back-End website dan aplikasi berbasis website yang handal dengan teknologi terbaru. Lulusan dari program Backend Engineering dapat bekerja di bidang pengembangan web, dan pengembangan perangkat lunak, dengan peran khusus sebagai Back-End Developer, Back-End Engineer, dan Software Engineer.

Program Studi Independen Bersertifikat merupakan program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi atau industri yang menyediakan pengetahuan dan keterampilan. Program ini dirancang oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makariem dalam Kampus Merdeka. Kebijakan tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuannya sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Salah satu penyelenggaran program ini yaitu mitra PT Ruang Raya Indonesia atau lebih dikenal dengan Ruangguru. Pada angkatan ini, kegiatan MSIB di PT. Ruang Raya Indonesia terbagi lagi menjadi dua bidang kegiatan yaitu Frontend Engineering dan Backend Engineering. Pada kegiatan angkatan ini, penulis memilih bidang Backend Engineering.

Kegiatan ini berlangsung selama 6 bulan, 16 Februari 2023 hingga 30 Juni 2023, yang dilaksanakan secara online / daring. Teknis pembelajaran dilakukan dengan syncronus dan asyncronus dimana materi yang diajarkan sesuai dengan lingkup dari divisi Business Operations antara lain:

  1. General Competencies, mempelajari materi tambahan yang dapat mendukung kemampuan peserta dalam mengikuti dan menerapkan program
    digital marketing yang meliputi, Communication and Presentations SkilI, Project Management Tech, Analytical & Strategic Thinking Skill.
  2. Software Engineering, mempelajari proses pengembangan software dengan menggunakan Code Editor Visual Studio Code, Terminal, version control,dan basic networking.
  3. Basic Frontend Web Development with HTML & CSS mempelajari penulisan HTML dan penggunaan CSS dalam Web Development dasar.
  4. Dasar Pemrograman Back End, mempelajari dan mampu menulis pemrogramman dasar menggunakan Go (Golang). Dan memahami basic Data structure dan Algorithm termasuk test dasar yang biasa digunakan dalam Coding Interview.
  5. Database Management & Technology, mempelajari dan mampu membuat database design yang efisien dengan Relational Database dan PosgreSQL.
  6. Web Application, mempelajari dan mampu melakukan pemrograman dengan Go (Golang) untuk membuat program aplikasi yang efisien dengan mengimplementasikan REST API menggunakan Gin dan Authentication JWT juga menerapkan Clean Architecture juga implementasi basic design Pattern.

Dengan mengikuti program ini, saya harap dapat menerapkan dan memanfaatkan ilmu yang sudah didapatkan. Secara pribadi saya belajar banyak selama proses ini. Terimakasih telah membaca artikel ini! Semoga artikel ini bermanfaat, semoga Anda bisa mendapatkan beberapa wawasan dari apa yang saya lakukan dalam proyek ini.

Artikel ini telah dibaca 61 kali

Baca Lainnya

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

Trending di Pendidikan