Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 28 Feb 2024 13:33 WIB ·

Kabupaten Gorontalo Diupayakan Masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO


 Kabupaten Gorontalo Diupayakan Masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO Perbesar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pemerintah daerah dan pelaku ekonomi kreatif untuk memperkuat kolaborasi dalam upaya mewujudkan Kabupaten Gorontalo bisa masuk dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO.

Menparekraf Sandiaga dalam “Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif” di Gedung Kasmat Lahay Convention Center, Gorontalo, Selasa (27/2/2024) mengatakan upaya itu mempertimbangkan potensi ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Gorontalo yakni kuliner yang bisa menjadi penghela dari subsektor ekonomi kreatif lainnya.

Menurut Sandiaga, Kabupaten Gorontalo memiliki pemikiran yang progresif di mana pada 2018, Kabupaten Gorontalo sudah melakukan proses uji petik (PMK3I) yang difasilitasi oleh Kemenparekraf. Kemudian terpilih subsektor kuliner sebagai subsektor lokomotif di Kabupaten Gorontalo.

“Karena sudah ditetapkan sebagai kabupaten kreatif nasional maka langkah berikutnya adalah mengajukan Gorontalo sebagai Kabupaten Kota Kreatif versi UNESCO. Itu nanti bisa kita kolaborasikan dengan Pemda agar produk ekraf Gorontalo semakin dikenal secara global,” kata Sandiaga.

Dengan adanya upaya tersebut maka akan semakin memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Gorontalo. Karena banyak manfaat yang bisa diperoleh Kabupaten Gorontalo apabila menjadi bagian dari kota kreatif dunia. Selain adanya keberlanjutan dan kelestarian terhadap kuliner lokal, juga secara tidak langsung menjadi sarana promosi yang efektif.

Dan tentunya, dengan legitimasi dari UNESCO memberikan kesempatan bagi kabupaten/kota untuk berjejaring dan membangun komunitas dengan kota-kota sejenis di negara-negara lain di dunia.

Kemenparekraf lanjut Sandiaga, berkomitmen untuk terus memberikan dukungan berupa berbagai program yang diperlukan oleh pelaku ekonomi kreatif Gorontalo mulai dari pelatihan, akses permodalan, hingga pemasaran.

“Kami ingin melihat bagaimana ekonomi kreatif di Kabupaten Gorontalo bisa kita dorong untuk bisa lebih maju lagi,” ujar Sandiaga.

Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyambut baik inisiasi Menparekraf Sandiaga yang mencanangkan Kabupaten Gorontalo untuk maju sebagai Kota Kreatif UNESCO menyusul Pekalongan, Bandung, Jakarta, Ambon, dan Solo yang sudah lebih dulu gabung dengan ekosistem ekraf global.

“Insya Allah itu akan menjadi motor penggerak ekonomi kita,” kata Nelson.

Hadir mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hariyanto; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Oneng Setya Harini; dan Direktur SDM Ekraf Kemenparekraf, Fahmi.

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Ariyanto Husein; dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gorontalo, Rita Idrus.

 

Sumber

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

Trending di Bisnis