Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 6 Mar 2024 07:00 WIB ·

JARKOM AMC 2024 Memperkuat Diseminasi Informasi Pengelola Humas Daerah


 JARKOM AMC 2024 Memperkuat Diseminasi Informasi Pengelola Humas Daerah Perbesar

Bimbingan Teknis (Bimtek) Jadi Pintar Bareng Kominfo (JARKOM) dengan tema Jurnalisme Pemerintah Ramah Search Engine Optimization (SEO) Anugerah Media Center (AMC) 2024, membagikan tips membuat artikel yang menarik perhatian publik dengan mengoptimasi algoritma pencarian mesin telusur di ruang digital.

Dengan menggunakan cara itu, setiap konten artikel yang dihasilkan oleh para pengelola humas di provinsi, kabupaten, maupun kota dismeminasi informasinya menjadi lebih optimal penyebarannya di ruang digital.

Ketua Tim Media Online Direktorat Pengelolaan Media Ditjen Informasi Komunikasi Publik (IKP), Matroji, mengatakan para peserta yang mengikuti Bimtek JARKOM itu sangat antusias. Sebab, pengetahuan yang dibagikan pada bimtek sangat bermanfaat bagi para pengelola humas pemerintah.

Harapannya, dengan mengaplikasikannya dalam kegiatan humas akan membuat penyebaran informasi tentang kebijakan strategis pemerintah dapat disebarluaskan secara masif.

“Pejuang informasi begitu antusias terhadap penyelenggaraan Bimtek JARKOM pada AMC 2024 hingga melebihi batas kuota pesertanya, itu membuktikan materi bimtek memang dibutuhkan,” kata Matroji di Trans Convention Center, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (5/3/2024).

Matroji menjelaskan, saat mengikuti bimtek itu, pengelola humas akan semakin kuat dalam empat hal.

Pertama, mengelola kanal media yang dapat semakin maksimal dengan adanya optimasi mesin telusur di ruang digital. Karena, kanal media yang dikelola mampu menjadi situs yang dipercaya berdasarkan algoritma dari mesin telusur.

Kedua, produksi konten dapat disesuaikan dengan isu yang terkini. Sehingga, algoritma dari mesin telusur di ruang digital dapat menampilkannya dalam posisi teratas di laman pencarian.

Ketiga, diseminasi konten dapat dilakukan semakin masif kepada khalayak luas melalui ruang digital. Sebab, algoritma mesin telusur akan menampilkan informasi yang dicari masyarakat melalui medium mesin telusur.

Terakhir, kemitraan akan terjalin semakin erat antara Kominfo dengan pemerintah daerah di masa depan. Keuntungannya, pertukaran informasi keduanya dapat dilakukan dalam waktu yang relatif mudah dengan waktu yang cenderung lebih cepat.

“Pertukaran informasi dari pusat ke daerah dapat semakin mudah, cepat dan masif,” ujar Matroji.

Salah satu peserta Bimtek Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO dari Kabupaten Kampar Supardi mengatakan pembahasan berkaitan dengan pemanfaatan SEO dalam pengelolaan kehumasan pemerintah sangat penting. Sebagai ujung tombak dalam penyebaran informasi di Kabupaten Kampar, Riau, para pengelola harus menguasai secara detail teknik penggunaan SEO.

“Kami saat ini kurang memahami pengelolaan kehumasan dengan menggunakan SEO,” kata Supardi.

Menurutnya, hasil yang ia dapat dari kegiatan bimtek itu akan disebarluaskan kepada jajaran pengelolaan kehumasan di Pemerintah Kabupaten Kampar. Harapannya, para pengelola segera meningkatkan kemampuan diri berkaitan dengan pemanfaatan SEO di masa mendatang.

“Saya nanti berikan kepada teman-teman,” ujar Supardi.

 

Sumber

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Ini Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Petani

11 April 2024 - 11:33 WIB

KKP Raih Pengakuan Standar Internasional Antisuap

11 April 2024 - 11:23 WIB

Trending di Bisnis