Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 15 Sep 2023 01:02 WIB ·

Inilah makna filosofis dari 5 ilmu pusaka masyarakat Sunda “Ngamumule budaya jasana sanes lumayan” yang berarti melestarikan budaya jasanya tidaklah kecil..

Suku Sunda merupakan salah satu dari sekian banyak suku bangsa yang hidup di wilayah Indonesia. Suku Sunda berada di dataran Pulau Jawa yang hidup berdampingan sejak dulu dengan Suku Jawa. Meskipun masih satu pulau, tetapi kebudayaan di antara keduanya jelas berbeda, apalagi dalam segi tutur bahasa dari masing-masing suku. Suku Sunda mayoritas hidup di sebelah barat Pulau Jawa, yaitu di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Tempat tinggal Suku Sunda sering disebut dengan Tanah Sunda, Tanah Pasundan, atau Tanah Parahyangan.

Motto hidup yang sangat terkenal di Tanah Sunda adalah “Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh” yang berarti “Saling Bertukar Pikiran/Saling Menajamkan Pikiran, Saling Mengasihi, dan Saling Menjaga.” Makna dari ketiga kalimat tersebut begitu dalam dan filosofis, menggambarkan karakter “urang” Sunda yang ramah, santun, penyayang, dan kritis. Semuanya sudah lama terkandung dalam tata laku dan hidup Suku Sunda sejak dahulu kala, bahkan sampai sekarang pun masyarakat Sunda modern tidak sedikit yang masih mengamalkan nilai-nilai di atas sebagai pedoman etika sehari-hari meskipun di tengah arus Globalisasi dan Modernisasi yang kian menghujam dalam berbagai segi kehidupan masyarakat Sunda. Hal itu tidak sedikit pun mengubah karakter asli dari sebagian besar masyarakat Sunda, apalagi yang hidup di wilayah pedesaan.

Selain ketiga kalimat indah di atas, juga terdapat lagi istilah-istilah kuno dalam kebudayaan Sunda yang memiliki nilai-nilai dan makna filosofis yang dalam, di antaranya adalah 5 istilah ilmu pusaka kuno yang terdapat dalam kebudayaan Sunda. Masyarakat Sunda sering menyebutnya dengan istilah 5 Elmu Ki Sunda (5 ilmu orang Sunda).

Ilmu-ilmu orang Sunda tersebut sangat erat maknanya dengan istilah ilmu “kanuragan” atau ilmu kesaktian yang sering kali dimiliki oleh orang-tua zaman dahulu, tetapi semakin berkembangnya pola pikir masyarakat Sunda, makna dari istilah ilmu kesaktian tersebut ternyata sering kali disalahartikan sehingga dimaknai benar-benar ilmu kesaktian yang dipelajari turun temurun. Padahal istilah-istilah tersebut hanyalah istilah simbolis yang memiliki makna dan filosofis bagi kehidupan masyarakat Sunda.

Apa saja istilah-istilah tersebut? Sebagaimana yang dilansir dari salah satu laman Facebook bernama Sunda Bijak dengan judul “Kintunan Ti Sepuh Kanggo Anaking Jimat Awaking” (Titipan dari orang tua untuk anakku yaitu jimat diri), berikut 5 ilmu pusaka “Ki Sunda”.

Artikel ini telah dibaca 96 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block
Trending di Nasional