Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 25 Mar 2024 09:11 WIB ·

ID FOOD Tingkatkan Peluang Ekspor Rumput Laut ke Tiongkok


 ID FOOD Tingkatkan Peluang Ekspor Rumput Laut ke Tiongkok Perbesar

Media bangsa – Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pangan ID FOOD terus mendukung upaya peningkatan nilai tambah produk perikanan dan kelautan dalam negeri. Salah satunya dilakukan dengan mendorong peningkatan ekspor komoditas rumput laut ke Tiongkok.

VP Perdagangan dan Logistik ID FOOD Ferry Fardiansyah mengatakan, peluang ekspor rumput laut dan komoditas perikanan ke Tiongkok sangat menjanjikan.

Untuk itu, berbagai langkah strategis guna memperkuat ekspor terus dilakukan ID FOOD, di antaranya aktif mengikuti berbagai eksebisi berskala internasional serta melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah perusahaan Tiongkok.

“Hal tersebut untuk mengenalkan produk rumput laut Indonesia. Seperti pada kesempatan kali ini kita melakukan lawatan ke Tiongkok untuk mengikuti pameran Cross-Border E-commerce berskala internasional dan melakukan kunjungan bisnis ke sejumlah perusahaan Tiongkok yang bergerak di sektor pangan dan perdagangan. Dari kegiatan tersebut berhasil dijaring puluhan potential buyer dengan potensi kerja sama senilai Rp64 miliar,” ujar Ferry dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (23/3/2024).

Ferry mengatakan, salah satu potential buyer yang dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama ekspor-impor rumput laut dengan ID FOOD adalah Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd. dengan potensi penjualan sebesar 1.200 Metrix Ton (MT)/tahun.

“Rencana pengiriman pertama yang akan kita lakukan adalah sebesar 100 ton di bulan April 2024, untuk komoditas rumput laut Cottonii (Cottonii seaweed). Ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan ekspor rumput laut ke Tiongkok sebagai salah satu pasar terbesar rumput laut dunia,” terangnya.

Guna memastikan kerja sama tersebut berjalan secara berkelanjutan, Ferry mengatakan, selanjutnya tengah disiapkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd sebagai landasan awal untuk kerja sama yang lebih luas.

Selain menampilkan produk rumput laut, dalam kunjungan bisnis dan pameran Cross-border E-commerce yang berlangsung 18-20 Maret 2024 tersebut ID FOOD juga menampilkan aneka produk seperti seafood, kopi unggulan dari berbagai daerah, rempah, coconut palm oil, dan garam.

Lebih lanjut, Ferry menjelaskan, komoditas ruput laut menjadi salah satu komoditas unggulan perusahaan yang saat ini terus didorong peningkatan ekspornya. Pada tahun 2023, melalui anak perusahaannya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), ID FOOD telah melakukan ekspor rumput laut Eucheuma Cottoni sebanyak 212 MT. Rumput laut yang diekspor hasil produksi petani dalam negeri yang di off take langsung oleh perusahaan.

“Tahun lalu ID FOOD telah melakukan ekspor rumput laut ke sejumlah negara seperti Tiongkok, Korea, Taiwan, dan Vietnam. Kerja sama ekspor terbaru ini akan meningkatkan volume ekspor rumput laut si tahun ini,” jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan ekspor rumput laut tersebut, ID FOOD memiliki gudang penyimpanan khusus rumput laut yang berlokasi di Tanjung Perak dengan kapasitas 6.000 MT dan Buduran dengan kapasitas 700 MT.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Ini Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Petani

11 April 2024 - 11:33 WIB

KKP Raih Pengakuan Standar Internasional Antisuap

11 April 2024 - 11:23 WIB

Trending di Bisnis