Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 23 Oct 2023 09:45 WIB ·

Hedonisme Berdampak Signifikan Dalam Gaya Hidup Anak Muda


 Hedonisme Berdampak Signifikan Dalam Gaya Hidup Anak Muda Perbesar

Media Bangsa – Globalisasi menyebabkan adanya percampuran kultur di dunia. Hal ini membawa berbagai dampak positif dan dampak negatif untuk masyarakat Indonesia. Adanya persaingan global yang merupakan dampak dari globalisasi juga menjadi hal yang biasa. Selain itu hal positif yang dihasilkan dari globalisasi adalah terbukanya wawasan global sehingga ada keinginan untuk semakin maju dan memperbaiki kualitas diri. Adanya globalisasi juga menambah efektifitas dan efisiensi juga berpotensi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

Tetapi tidak hanya dampak positif, ada juga dampak negatif yang dihasilkan dari Globalisasi misalnya Hedonisme. Hedonisme sendiri merupakan gaya hidup yang hanya bertujuan untuk memuaskan hasrat mencari kesenangan sementara. Hedonisme bisa dilihat dari gaya hidup berfoya-foya, suka membeli produk yang mahal dan bermalas malasan sehingga  mendambakan kehidupan yang instan. Hal hal tersebut menjadikan generasi zaman ini memiliki tingkat individualisme dan egoisme yang tinggi sehingga telah terbiasa acuh pada masyarakat.

Sikap hedonisme juga menimbulkan sifat boros dan serakah yang tinggi sehingga banyak mengandalkan cara cara mendapatkan apa yang diinginkan secara kurang sportif dan menimbulkan korupsi. 

Maka itu pendidikan moral sangat penting dalam menanggulangi maraknya hedonisme yang diakibatkan globalisasi. Globalisasi memang membawa banyak dampak positif tetapi kita juga harus waspada terhadap segala bentuk dampak negatif yang juga dibawa oleh Globalisasi.

Kewaspadaan ini harus dimulai dari sektor masyarakat yang paling kecil yaitu keluarga, pendidikan moral di rumah tentu sangat berpengaruh pada anak-anak. Keluarga harus mengajarkan untuk hidup hemat, tidak boros dan menghamburkan uang, terutama pada masa kini yang mendapatkan uang bukan hal yang mudah.

Kemudian sekolah dan lingkungan keagamaan juga berperan penting dalam menghambat perilaku hedonisme pada generasi muda. Perilaku hedonisme ini harus disaring secara baik dalam pengaruh globalisasi. Karena bila generasi muda punya kebiasaan menghamburkan aset, maka secara sudut pandang ekonomi akan berpengaruh terhadap finansial pelaku hedonisme tersebut. Dampaknya adalah tidak memiliki aset tetap karena asetnya berkurang sedikit demi sedikit untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat konsumtifnya.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Pemrograman Hybrid

12 April 2024 - 21:25 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

Trending di Bisnis