Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 9 May 2023 15:02 WIB ·

*GUS BAHA SEBUT GANJAR CUCU KYAI BESAR : INI CUCUNYA MBAH HISYAM LHO*

 

Jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi rumah KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, Rabu (2/2). Dalam pertemuannya, Gus Baha menyebutkan Ganjar merupakan cucu dari Kiai Hisyam.
Meski belum belum pernah menjumpai Kiai Hisyam, Ganjar menyampaikan dirinya sering kali mendengar cerita tentang karisma mbah mertuanya. Termasuk saat dirinya sedang mengunjungi rumah warga yang mendapat bantuan RTLH di Banjarnegara.

Saat menemui warga tersebut, Ganjar mengaku kaget melihat ada foto Kiai Hisyam di rumahnya. Saat tahu Ganjar adalah mantu Kiai Hisyam, orang tersebut pun langsung memeluk dan menciumnya.

“Ternyata dulu itu beliau santrinya Kiai Hisyam. Lha saya itu kok langsung dirangkul, diambungi Gus,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat (4/2/2022).

Kunjungan Ganjar ke rumahnya pun disambut baik oleh Gus Baha. Mendengar cerita Ganjar, Gus Baha mengatakan hal tersebut merupakan momen biasa di kalangan santri. Hal ini sering kali diistilahkan dengan mengambil berkah sang kiai.

Wah, saya kedatangan mantu kiai ini. Pak Ganjar iki putune Mbah Hisyam lho,” kata Gus Baha.

“Mesti langsung dicucup bun-bune (pasti langsung dicium ubun-ubunnya), ngalap berkah,” lanjutnya.

Menurut Gus Baha, Kiai Hisyam memang merupakan ulama yang sangat disegani dan dihormati di matanya. Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, Kiai Hisyam memiliki nama kecil Muhammad Qosim.

Adapun Kiai Hisyam Abdul Karim merupakan ulama karismatik, pejuang kemerdekaan, serta inspirator bangsa. Kiai Hisyam juga telah mengembara dari satu pondok ke pondok lain, dari Jawa Barat hingga Jawa Timur sekitar 15 tahun guna belajar ilmu mengaji.

Dulunya, Hisyam muda pernah berguru pada sejumlah kiai besar, di antaranya Kiai Dahlan di Desa Kaliwangi Mrébét, Kiai Zuhdi di Pondok Leler Banyumas, dan Kiai Dahlan di Pondok Jampes Kediri.

Secara khusus, dalam bidang qiroatul Qur’an, Kiai Hisyam juga berguru kepada Kiai Yusuf Buntet Cirebon dan Kiai Nuh Pager Aji Cilongok. Dalam bidang thoriqoh, Hisyam berguru kepada Kiai Rifa’i Sokaraja.

Usai nyantri di berbagai pesantren, dengan restu sang guru, Syekh Dahlan Ihsan, Hisyam kemudian mendirikan Pondok Pesantren Roudlotus Sholihin di Pedukuhan Sokawera, Desa Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga.

Saat itu, jemaah di kalangan nahdliyin daerah Banyumas sering memanggilnya Hisyam Kalijaran. Tak hanya itu, Hisyam pun dikenal sebagai ulama yang ampuh keilmuan sekaligus kanuragannya.

Selain karismatik, Hisyam juga sangat lekat di ingatan jemaahnya sebagai ulama yang murah senyum dan lucu, namun sangat dalam isi dakwahnya. Uniknya, selain mengaji, para santri di Kalijaran juga dibekali ilmu-ilmu lain seperti baris-berbaris, belajar huruf morse, dan belajar pertolongan pertama dalam kecelakaan. Berkat hal ini, pondok tersebut dikenal sebagai pesantren perjuangan dan menjadi tempat pengkaderan para pejuang.

Di samping itu, Hisyam juga aktif di NU. Dirinya pun tercatat pernah menjabat sebagai Rais Syuriah PCNU Purbalingga selama tiga periode, yakni periode 1973-1975, 1975-1978, dan 1978-1983.

Kiai Hisyam wafat pada Kamis Kliwon 4 Jumadil Akhir 1410 H atau bertepatan dengan tanggal 12 Januari 1989. Saat ini, Pesantren Kalijaran dikelola secara gotong royong oleh keturunannya. Salah satunya oleh cucu Kiai Hisyam, yaitu Siti Atikoh, istri Ganjar Pranowo.

Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Google Ads Bantu UMKM Jangkau Lebih Banyak Customer

6 May 2024 - 13:21 WIB

Google Ads

Sosialisasi Program Ciburial MeSaT (Mengelola Sampah Terpadu) di Desa Ciburial, Kec. Cimenyan oleh mahasiswa yang melaksanakan program Magang MSIB di PT. Agritama Sinergi Inovasi penempatan Ketapang Kita beserta para penggiat lingkungan

3 May 2024 - 09:42 WIB

Trending di Kesehatan