Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 19 Nov 2023 10:18 WIB ·

Ganjar Ajak Kembalikan Arah Reformasi

JAKARTA – Ganjar Pranowo, calon presiden (Capres) RI 2024, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengembalikan arah reformasi. Hal itu disampaikannya saat penetapan nomor urut pemilihan presiden (Pilpres) di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (14/11/2023).

Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD secara tegas juga mengatakan di hadapan dua pasangan calon lain yakni Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin bahwa demokrasi Indonesia sedang tidak baik-bakk saja.

“Kewajiban kita untuk menjaga, karena kalau kita merasakan itu, harus kita pastikan bahwa demokrasi itu bisa baik walau sekarang belum baik-baik saja,” terang Ganjar dalam pidatonya.

Untuk itu, ke depan ia mengajak masyarakat untuk mengembalikan nilai-nilai reformasi yang pernah diperjuangkan. Reformasi 1998 dibayar dengan cucuran keringat dan darah anak bangsa.

“Setelah ini kami harus bisa memastikan bahwa arah reformasi musti kita tuntaskan. Demokrasi yang berjalan jurdil, situasi yang bisa berjalan pada rel dan kita selenggarakan dengan betul-betul membawa intergritas, yang jauh sekali dari unsur KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme),” imbuhnya.

Malam itu, pasangan Ganjar-Mahfud yang diusung koalisi PDI Perjuangan, Hanura, PPP dan Perindo itu mendapatkan nomor urut 3.

“Ahamdulillah kita mendapatkan nomor tiga. Salamnya Metal,” ujarnya.

Seusai acara, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu memberikan keterangan kepada awak media bahwa inilah saat yang tepat untuk menyampaikan kondisi bangsa sekarang.

“Karena kami mendengarkan apa yang ada di masyarakat, suara masyarakat, dari tokoh-tokoh masyarakat, agama, jurnalis, seniman, budayawan menyampaikan itu. Maka ini adalah forum yang paling tepat untuk kami menyampaikan secara terbuka bahwa (kecurangan) itu ada, itu terjadi, maka tidak boleh terus,” ucapnya.

Ganjar berkomitmen akan menghentikan praktik kecurangan demokrasi. Kata dia, demokrasi harus dijaga bersama rakyat.

“Hentikan (kecurangan), atau kemudian masyarakat akan memberikan penilaian. Jangan sampai demokrasi ini terjadi cacat, terjadi noktah hitam, dan itu akan mencederai jurdil,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

17 April 2024 - 10:01 WIB

Budaya Halalbihalal Bisa Membangun Komunikasi Baik Antar-Stakeholders Pangan

17 April 2024 - 09:57 WIB

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Trending di Bisnis