Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 22 Dec 2022 13:05 WIB ·

Gabung Program Kampus Merdeka, Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Rancang Aplikasi Belajar


 Gabung Program Kampus Merdeka, Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Rancang Aplikasi Belajar Perbesar

Kegiatan live session bersama dengan semua mentee dan mentor kelas 19. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

Kampus Merdeka merupakan kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang ditujukan bagi seluruh mahasiswa/mahasiswi di Indonesia. Kegiatan ini memiliki beberapa manfaat yang sehingga menarik untuk diikuti , yaitu dapat dikonversi menjadi 20 sks, memperluas koneksi pertemanan hingga di luar universitas, mempelajari suatu ilmu langsung dari mitra yang berpengelaman, serta berkesempatan mengeksplorasi bidang ilmu sesuai keahlian masing-masing.

Program yang ditawarkan begitu beragam, salah satunya yaitu Studi Independen Bersertifikat. Hingga bulan Juli 2022, kampus merdeka sudah mencapai batch 3 dan membuka pendaftaran kembali. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), Transkrip Nilai, Curriculum Vitae, Surat Rekomendasi Universitas, dan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak). Tak hanya itu, terdapat juga beberapa tahapan seleksi sesuai dengan kebijakan mitra masing-masing.

Dari puluhan ribu mahasiswa yang lolos seleksi MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat), terdapat salah satu mahasiswi yang berasal dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yaitu Queen Anjar Dea Nigata yang berasal dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer. Mahasiswi ini lolos untuk mengikuti Studi Independen dengan mitra PT Impactbyte Teknologi Edukasi (Skilvul) yang merupakan salah satu mitra yang tergabung dalam program Kampus Merdeka. Skilvul merupakan sebuah platform pendidikan teknologi yang menyediakan konten pelajaran digital skills dengan metode “blended-learning” dalam bentuk online maupun offline. Visi dari mitra ini yaitu untuk menghasilkan sejuta digital talent untuk Indonesia melalui pendidikan vokasi digital. Lalu kenapa harus memilih Skilvul? Kegiatan ini akan memberikan Skilbadge setiap kali peserta berhasil menyelesaikan sebuah kelas yang nantinya dapat digunakan sebagai sertifikasi pada saat job hunting. Selain itu, Skilvul juga terhubung dengan lebih dari 150+ hiring partners, sehingga peserta akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari program ini. Pelaksanaan program Studi Independen Bersertifikat ini didampingi oleh satu mentor di tiap kelasnya serta Bapak Asif Faroqi, S. Kom., M.Kom. sebagai dosen pembimbing dari UPN “Veteran” Jawa Timur.

Kegiatan Studi Independen ini diadakan secara full online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 projects. Projek yang pertama yaitu membuat aplikasi belajar berbasis mobile, sedangkan projek yang kedua yaitu melakukan desain ulang terhadap aplikasi atau website sesuai dengan challenge partner yang sudah dipilih masing-masing. Beberapa challenge partner  yang bisa dipilih, antara lain Penanganan Bencana, Pendidikan, Amartha, Bank Jago, Campaign, Crowde, KitaBisa, Krealogi, PasarPolis, Skilvul, dan Waste4Change. Kedua projek tersebut dirancangan menggunakan pendekatan design thinking. Pengertian dari design thinking ini sendiri merupakan metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dengan tujuan untuk mencari solusi yang paling efektif dan efisien untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks. Metode ini dibagi menjadi 5 tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing.

Paint Points dan How-Might We dari aplikasi Studynow. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

Pada projek pertama, desain aplikasi belajar yang dirancang tersebut diberi nama Studynow. Sebelum mulai merancang, maka dilakukan pengumpulan data, review, dan observasi terkait dengan aplikasi belajar serupa untuk diketahui apa saja kekurangan dari aplikasi tersebut yang akan diperbaiki nantinya. Hasil observasi tersebut kemudian dianalisis untuk menghasilkan gagasan atau ide sebagai landasan dalam membuat prototype rancangan yang akan dibuat. Setelah itu, dibuatlah user flow yang merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan pengguna untuk menyelesaikan suatu task serta wireframe sebagai gambaran kasar dari desain aplikasi yang akan dibuat. Selanjutnya, setelah membuat wireframe, maka lanjut dalam pembuatan design system agar hasil UI lebih konsisten. Tahap berikutnya yaitu pembuatan UI Design sesuai dengan user flow yang telah dibuat sebelumnya. Setelah tahap pembuatan UI Design selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya yaitu membuat prototype dengan tujuan untuk mencoba dan menyimulasikan solusi desain yang telah dibuat. Tahap terakhir yang harus dilakukan yaitu testing untuk memperoleh feedback  dari pengguna terkait aplikasi yang telah dirancang tersebut.

UI Design Aplikasi Studynow. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

UI Design Aplikasi Studynow. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

Di akhir kegiatan Studi Independen Bersertifikat, diadakan  presentasi pada tanggal 23 Desember 2022 melalui aplikasi Zoom Meeting kepada seluruh peserta SIB Skilvul, mentor, serta mitra challenge partner masing-masing.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis