Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 14 Dec 2022 14:31 WIB ·

Menjadi Seorang Database Engineer dalam Program Studi Independen MSIB Cloud Computing di Chairos Academy oleh PT Chairos International Ventures


 Menjadi Seorang Database Engineer dalam Program Studi Independen MSIB Cloud Computing di Chairos Academy oleh PT Chairos International Ventures Perbesar

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka atau disingkat dengan MBKM merupakan salah satu program dari Kemendikbud yang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Program ini bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berbagai macam bidang. Magang & Studi Independent (MSIB) merupakan salah satu sub program dari MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Magang dan Studi independent bersertifikat ini, Mahasiswa bisa mempelajari kompetensi bidang pekerjaan yang spesifik, praktis, dan dibutuhkan di masa depan, juga bisa berinteraksi dengan pakar secara langsung untuk memahami penerapannya, serta Mahasiswa bisa mempraktikkan kompetensi secara langsung dalam sebuah proyek secara riil.

Pada tahun ini saya berkesempatan mendaftarkan diri dalam program Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tepatnya yang kategori Studi Independen pada Batch ke III dan syukur Alhamdulillah diterima di Chairos Academy milik PT Chairos International Ventures (CIV) bidang Cloud Computing. PT Chairos International Ventures (CIV) didirikan pada tahun 2016 sebagai perusahaan teknologi dan media. Menyadari kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan pemuda Indonesia dan panggilan untuk melakukannya oleh kepemimpinan bangsa, CIV meluncurkan divisi pelatihan Industri 4.0 yang secara khusus berfokus pada Cloud Computing.

Program ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus — 31 Desember 2022. Pada awal mulai pelakasanaan program, diadakan zoom meeting onboarding untuk memaparkan timeline kegiatan dan diberikan sambutan-sambutan oleh beberapa pimpinan perusahaan yang bersangkutan serte memperkenalkan para mentor yang nantinya akan mendampingi para Mahasiswa. Setelah onboarding Mahasiswa  dikelompokkan dalam kelas-kelas. setiap kelas kurang lebih ada 30 Mahasiswa. Minggu berikutnya kelas belajar dimulai yaitu dari hari senin-jumat dimulai pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB. dalam kelas belajar Terdapat sembilan sub materi yang saya pelajari yaitu Fundamental Cloud Computing, Database and Files, Python Programming, Linux Fundamental, AWS Introduction, AWS IAM & Networking, AWS Storage, Compute & Database, AWS Security & Billing dan AWS CCP Exam Preparation. Setelah mengikuti kelas belajar tersebut akan dibentuk sebuah kelompok untuk mengerjakan Proyek Akhir yang diberikan oleh mitra perusahaan. Dalam satu tim terdapat 5 role posisi yang berbeda, diantaranya Security Engineer, SysOps Administrator, Cloud Solution Arcitect, Database Engineer, dan Developer.

Sebagai Database Engineer saya berkesempatan untuk ikut membangun sebuah platform website dan mendeploy Website ke Amazon Web Service (AWS) Cloud. Database Engineer bertanggung jawab untuk merancang, memelihara, dan mengoptimalkan infrastruktur data untuk pengumpulan, pengelolaan, transformasi, dan akses data serta membuat database untuk website yang dibangun oleh developer. selain itu saya juga membantu dalam proses deploy website ke AWS Cloud. Beberapa hal yang sudah saya lakukan saat deploy yaitu Membuat  dan setting Vpc (Virtual Private Cloud) mulai dari membuat subnetnya, security groupnya sampai route table-nya, selanjutnya saya juga ikut membantu memigrasikan database dari website ke AWS dan mengkonfigurasikan ke Amazon RDS MySql.

Setelah website berhasil dideploy ke AWS Cloud, maka satu tim akan melakukan presentasi kepada para Coaches / Mentor, seperti memaparkan permasalahan, Menjelaskan topik solusi, Memaparkan Arsitektur desain Cloud hingga demo hasil implementasi sistem website yang sudah kelompok kami buat. Saya sangat antusias dan senang dalam mengikuti program Magang & Studi Independent (MSIB) ini karena mematangkan keahlian saya secara hardskill dan softskill khususnya di bidang data. Semoga program ini dapat terus dikembangkan demi menciptakan mahasiswa yang mempunyai keahlian di bidang yang disenangi dan berkualitas sebelum memasuki dunia profesi pekerjaan nanti.

Artikel ini telah dibaca 84 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis