Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 9 May 2023 17:03 WIB ·

*Diskusi Forum Negarawan dan Persiapan Halal Bi Halal Pada 11 Mei 2023*


 *Diskusi Forum Negarawan dan Persiapan Halal Bi Halal Pada 11 Mei 2023* Perbesar

Semua yang menderu dalam perseteruan di ranah politik Indonesia sejarang ini merupakan kekanjutan dari pengkhianatan demi pengkhianatan untuk melanggengkan kekuasaan dan mengumpulkan kekayaan (materi), kata Prof. Ustad Sayuti Asyathri mengawali diskusi santai, di Warkop Pua’Kale’, Jl. Poltangan Raya No. 44 A, Pejanten Timur, Jakarta Selatan, 7 Mei 2023, sambil ngopi dan makan siang hingga malam.

Demikian ungkap Prof. Sayuti Asyathri, dalam mengawali acara diskusi santai tentang kondisi Indonesia. Karena dakam kondisi Indonesia sekarang, materi dunia semakin tidak dianggap memiliki kaitan dan hubungan dengan langit. Maka itu, landasan etik dari semua Capres dan Cawapres patut dipertabyajan, setidaknya menjadi topik bahasan Forum Negarawan. Maka pertanyaan mendasarnya yang perlu dikemukakan adalah landasan spiritual para calon Capres dan Wacapres yang berhasrat maju pada Pemilu tahun 2024, kata Sayuti Asyathri.

Ikhwal pelaksanaan Pemilu di Indonesia sebenarnya hanyalah untuk menyempurnakan bayangan yang menutup Indonesia. Maka itu ada semacam gerakan yang berusaha menghentikan perjudian meja itu, agar penghentian yang terus-menerus terjadi bisa memberi kepastian.
Forum Negarawan jelas beranjak dari kerangka etis, sehingga akan terus bergerak dalam dinamika bangsa dan negara dengan memposisikan Forum Negarawan dalam upaya memperjelas identitas kehadirannya, imbuh Prof. Indria Santi Kertabumi.

Dalam mencermati kesalahan pemerintah yang telah membuat lemahnya negara Indonesia semakin rentan dan rapuh karena statusnya sebagai yatim piatu — tidak punya induk seperti kebanyakan negara lain — hingga terwujudnya kemerdekaan dengan melindungi cita-cita yang luhur — menjadi sulut dan berat. Maka tujuan pokok Forum Negarawan adalah bagaimana memposisikan diri sebagai pendorong tujuan luhur dari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Atas dasar itu juga, posisi Forum Negarawan patut dipertegas, yang paling ideal berada pada posisi tengah-atas, hingga dapat menjadi semacam resi yang mampu membuat keseimbangan antara faksi yang kiri dengan faksi yang kanan — agar pertikaian tanpa etika dapat segera dihentika. Sebab lainnya yang membuat Forum Negarawan tidak memiliki ruang tafsir yang bebas seperti bisa dilakukan oleh penguasa hingga merasa sebagai pemilik tunggal negeri ini.

Sementara Yudhie Haryono mengatakan jika membicarakan etika di pasar sungguh sulit menghadirkan Tuhan yang harus menjadi dasar kepercayaan dan keyakinan bagi masyaralat banyak. Karena itu tekad untuk mempertemukan hubungan langit dengan bumi jadi sungguh hanya mimpi. Psdahal, tokoh spiritual sesungguhnya tidak bisa abai atau menjauhi diri dari bumi — materi — maupun uang. Artinya, para negarawan tidak boleh asyik dengan dirinya sendiri, terlepas dari realitas kehidupan masyarakat.

Hadir dalam diskusi yang juga membahas persiapan acara halal bi halal Forum Negarawan pada 11 Mei 2023, dapat dipastikan dilaksanakan di kediaman Bunda Miranti. Adapun tajuk diskusi pada acara halal bi halal itu nanti adalah “Evaluasi Obyektif Terhadap Reformasi” yang telah mencapai seperempat abad perjalanan reformasi yang berlangsung pada tahun 1998 di Indonesia.

Prof Indrira Santi Kertabumi, Bunda Miranti, Nur Rochman, Prof Yudhie Haryono dan Dr Marbun bersama Prof Sayuti Asyathri dan Sri Eko Sriyanto Galgendu.

Pejanten, 7 Mei 2023

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Google Ads Bantu UMKM Jangkau Lebih Banyak Customer

6 May 2024 - 13:21 WIB

Google Ads

Sosialisasi Program Ciburial MeSaT (Mengelola Sampah Terpadu) di Desa Ciburial, Kec. Cimenyan oleh mahasiswa yang melaksanakan program Magang MSIB di PT. Agritama Sinergi Inovasi penempatan Ketapang Kita beserta para penggiat lingkungan

3 May 2024 - 09:42 WIB

Trending di Kesehatan