Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 30 Apr 2024 22:39 WIB ·

dikabarkan Gunung Ruang Kembali Keluar Erupsi akan Berpotensi Tsunami, Warga Tagulandang Sulawesi utara Diminta mengungsi secepatnnya


 dikabarkan Gunung Ruang Kembali Keluar Erupsi akan Berpotensi Tsunami, Warga Tagulandang Sulawesi utara  Diminta mengungsi secepatnnya Perbesar

Manado, Media bangsa.co.id– Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan radius bahaya menjadi tujuh kilometer pasca-erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Selasa dini hari.

“Ketika terjadi erupsi pada pukul 01.30 tadi malam kami menaikkan status Gunung Ruang dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas. Selain itu menaikkan radius bahaya yang tadinya enam kilometer menjadi tujuh kilometer,” ujar Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku Juliana DJ Rumambi di Manado, Selasa.

Karena itu dia berharap masyarakat yang ada di Pulau Tagulandang dan sekitarnya untuk mengungsi di luar dari radius tujuh kilometer yang direkomendasikan.

Dia mengatakan erupsi yang terjadi Selasa dini hari lebih besar daripada erupsi tanggal 17 April 2024.

 

“Erupsi kali ini disertai dengan gemuruh gempa terus-menerus, gempanya terasa terus-menerus, dan juga lontaran material dari Gunung Ruang lebih besar daripada yang tanggal 17 April 2024,” katanya.

 

Besarnya letusan kali ini, kata dia, dapat dilihat dari dampaknya, dimana debu vulkanik lebih cepat menjangkau wilayah Kota Manado dibandingkan dengan erupsi sebelumnya.

“Manado betul-betul tertutup (debu) gelap ya, dan debunya turun ke Manado lebih cepat daripada erupsi yang tanggal 17 April,” kata Juliana.

Dia menambahkan erupsi kali ini melontarkan material termasuk ada juga berupa awan panas yang menuruni lereng gunung.
Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Trending di Bisnis