Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 18 May 2022 04:27 WIB ·

Dampak penghapusan 3G bagi daerah-daerah yang masih terpencil


 Dampak penghapusan 3G bagi daerah-daerah yang masih terpencil Perbesar

Dampak penghapusan 3G bagi daerah-daerah yang masih terpencil

Pada era digital saat ini, dimana semua aktivitas masyarakat bergerak begitu cepat. Hal ini didukung dengan adanya bantuan dari teknologi pada masa ini. Banyak pula aspek yang ambil peran dalam berkembangnya teknologi pada saat ini. Tapi ada hal penting juga yang ambil peran dalam berkembagnya teknologi pada saat ini yaitu jaringan, mengapa demikian?

Sebelum itu, apa itu sebenernya jaringan ?

Jaringan merupakan sebuah sistem yang menghasilkan sebuah media transmis data atau media dalam melakukan suatu komunikasi. Sehingga hal ini dapat membantu dalam berkembangnya teknologi pada saat ini, dikarenakan untuk mendaptkan atau pun mengirimkan suatu data menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

Lantas bagaimana kah, perihal penghapusan atau menghilangkan adanya jaringan 3G yang ada di indonesia dan bagaimana efek yang ditimbulkan kedepannya?

Bagaimanapun, setiap jaringan memiliki keunggulannya tersendiri baik itu layanan pada jaringan 5G, 4G, 3G atau pun 2G itu sendiri. Karena pada saat ini mayoritas masyarakat indonesia sudah menggunakan layanan jaringan 4G. Mungkin kedepannya akan beralih kepada layanan jaringan 5G. Sehingga secara kecepatan dalam mentransfer sebuah data, jaringan 5G lebih cepat dan lebih unggul. Tidak menutup kemungkinan juga banyak masyarakat di indonesia yang masih menggunakan layanan jaringan 3G dan 2G seperti daerah-daerah terpencil yang ada di indonesia.

3G didaerah terpencil

Jaringan 3G diderah terpencil

Mengenai dampak dari penghapusan 3G sendiri, sebenarnya tidak begitu berdampak bagi masyarakat yang tinggal didaerah terpencil. Karena apabila 3G dihapus kemungkinan besar pasokan atau perluasan jaringan 4G didaerah yang terpencil akan semakin meluas. Dan didaerah terpencil biasanya hanya menggunkan layanan jaringan untuk melakukan kegiatan telfon dan sms. Sehingga jaringan 2G saja sudah cukup untuk mengcovernya. Karena, untuk mempertahankan layanan jaringan 3G pada era saat ini begitu susah untuk dilakukan. Dikarenakan layanan jaringan ini mempunyai kegunaan atau fitur yang hampir sama dengan generasi setelahnya yaitu layanan jaringan 4G.  Untuk penggunaan jaringan 4G saat ini yaitu,seperti melakukan selancar di internet, melakukan panggilan suara, pesan text, panggilan video (video Call), dan mengirimkan data. Jika dilakukan perbandingan antara jaringan 4G dan 3G, jaringan 3G lebih lamban dari jaringan 4G.

Sehingga, untuk penghapusan jaringan 3G itu sendiri masyarakat di daerah terpencil, tidak akan memberikan dampak buruk, Dan apabila masyarakat ingin menggunakan kegiatan untuk mengakses layanan jaringan dan kegiatan komunikasi seperti telfon dan sms. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir dan takut lagi dengan penghapusan 3G karena sepertinya tidak akan terpengaruh. Namun jika ingin melakukan video call dan sms bisa menikmatinya menggunakan jaringan 2G dan 4G. Karena jaringan 4G lebih cepat dari jaringan 3G dan 2G.

Baca juga : Beli HP support Jaringan 5G di Indonesia, Apakah Perlu??

Artikel ini telah dibaca 133 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis