Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 29 Aug 2023 15:26 WIB ·

Dalam upaya melestarikan budaya kesundaan, Pagelaran Wayang Golek berhasil digelar di Rumah Kita Holis 147 Kota Bandung.

MEDIABANGSA.Saat pagelaran tersebut, ratusan warga yang mayotitas adalah masyarakat bandung Kulon ikut menikmati alur cerita pewayangan yang dimainkan oleh Dalang Kondang, Dandan Dede Amung Sunarya.

Sebagai shohibul hajat, Subchan Daragana mengatakan jika pagelaran wayang golek tersebut sebagai upaya dirinya melestarikan budaya kesundaan. Terlebih dirinya merasa sebagai orang asli sunda.

” Sebagai USA ( Urang Sunda Asli ) kan harus terliobat melestarikan budaya sendiri gitu. Dakam hal ini ya kebudayaan sunda. Mudah-mudahan jadi bagian kecil saya berupaya melestarikan budaya sendiri ” terang Subchan Daragana.

Selain itu, Subchan daragana atau yang sering dikenal Mang Gana menyebut jika keberadaan Rumah Kita Holis 147 memang sengaja dibuat untuk digunakan aktifitas pemberdayaan masyarakat termasuk melestrasikjan budaya sunda.

” Ya jadi ini untuk wargi Bandung atau Cimahi juga, Silahkan kalau mau menggunakan Rumah Kita Holis 147. Saya dan rekan-rekan disini tentu sangat terbuka. Yu manfaatkan untuk kegiatan apapun yang positif. Mahasiswa boleh, Ibu0ibu PKK juga boleh, atau buat rapaat komunitas mancing juga boleh ” terang Gana.

Sebagai penutup, Gana juga tidak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada rekan-rekan yang telah membantu menyelenggarakan pagelaran wayang tersebut dan ucapan yang sama kepada warga yang antusias menghadiri.

#wayang #wayanggolek #urangsundaasli #sunda #budaya

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan