Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 19 May 2022 05:31 WIB ·

Cara Mengatasi Burnout, Belajar Dengan Mental yang Sehat


 Cara Mengatasi Burnout, Belajar Dengan Mental yang Sehat Perbesar

Kondisi  dengan aktifitas padat yang berkepanjangan dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. Hal itulah yang kemudian disebut dengan Burnout. Burnout dapat disebabkan karena terlalu sering memaksakan usaha  untuk melanjutkan aktivitas, misalnya aktivitas belajar.

Hal ini dapat terjadi ketika kita ingin mendapatkan atau meraih sesuatu yang acap kali di luar batas kemampuan kita, entah itu untuk mengejar target ataupun berkompetisi. Secara tidak sadar, kita terus menerus belajar dan berusaha hingga tidak menyadari bahwa tubuh mengalami kelelahan yang berujung pada burnout. Sebenarnya, ada ciri-ciri yang bisa kamu rasakan ketika mengalami burnout, antara lain:

  1. Kehilangan minat untuk belajar

    Tidak seperti biasanya, kehilangan motivasi belajar ketika burnout jauh lebih besar. Bahkan, seseorang yang mengalami burnout dapat kehilangan minat pada hobi atau hal yang mereka sukai.

  2. Performa menurun:

    Ketika seseorang mengalami burnout, memaksakan tubuh mereka untuk tetap beraktifitas berat. Maka besar kemungkinan yang terjadi adalah performa yang diberikan kurang maksimal.

  3. Mudah Sakit:

    Burnout yang dibiarkan begitu saja tanpa diatasi dengan baik dapat mengakibatkan kamu lebih mudah terjangkit penyakit. Beberapa orang juga memiliki gangguan insomnia, diare, peningkatan asam lambung, dan lain-lain ketika sedang mengalami fase burnout.

Nah jika kamu mengalami ciri-ciri berikut, baiknya kamu simak tips-tips berikut:

  1. Istirahatkan Badan dan Pikiranmu:

    Ada dampak positif jika menyelesaikan tugas dengan cepat. Namun, bisa berbahaya jika memaksa tubuh dan pikiran untuk terus bekerja tanpa henti. Istirahat sambil belajar tidak ada salahnya lho. Justru, memaksa diri sendiri bukanlah solusi terbaik, karena besar kemungkinan tugas tidak terselesaikan dengan baik.

  2. Memahami dan tidak melewati batas kemampuan diri:

    Hal ini memang sederhana, namun sering dilupakan. Dengan memahami kemampuan diri, kita akan tahu sampai mana harus berhenti, dan tetap memaksimalkan proses pembelajaran tanpa merugikan diri sendiri.

  3. Pergi Liburan:

    Coba lihat kembali ke masa lalu, apakah kamu sudah menghabiskan cukup waktumu untuk berelaksasi atau sekedar berjalan-jalan sore dengan teman. Tidak perlu, perjalanan jauh, cukup mengunjungi tempat-tempat yang tak jauh dari rumah. Dengan demikian, pikiran dan tubuh dapat beristi

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi burnout yang bisa kamu lakukan. Jadi, belajar memang penting, tapi tetap luangkan waktu bagi pikiran dan tubuhmu untuk beristirahat ya.

 

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis