Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 26 Oct 2023 18:17 WIB ·

Cara Jitu Menjadi Jurnalis Yang Handal Untuk Pemula Karier di bidang jurnalisme menawarkan lingkungan kerja yang menarik dan serba cepat, sempurna bagi mereka yang menyukai mendongeng dan peristiwa terkini

Maka, tidak mengherankan bahwa ini adalah jabatan yang banyak dicari di kalangan petualang, penulis, dan pencari kebenaran.

Istilah “jurnalis” dapat menggambarkan seseorang yang menulis untuk publikasi cetak, seperti surat kabar atau majalah tradisional; seorang reporter yang mengejar badai atau menghadiri konferensi pers kepresidenan, sebelum berbicara di depan kamera tentang temuan mereka; atau pekerja lepas yang menulis artikel online untuk situs berita baru.

Tugas jurnalis adalah menyampaikan sebuah cerita dan menyajikan fakta, sehingga khalayak dapat membentuk opininya sendiri dan membuat keputusannya sendiri.

Pekerjaan ini membutuhkan lebih dari sekedar terlihat cantik di depan kamera atau menampar byline Anda pada sebuah artikel: jurnalis bertanggung jawab atas penelitian ekstensif, penulisan, dan pengecekan fakta yang masuk ke hasil akhir mereka, selain memupuk hubungan dengan subjek wawancara mereka dan selalu menunggu cerita selanjutnya.

Sempurnakan keterampilan menulis Anda
Cobalah menulis posting blog tentang peristiwa terkini dan hal-hal yang terjadi di daerah Anda, dan temukan subjek yang menarik untuk diwawancarai.

Pelajari cara mewawancarai orang
Latih keterampilan berpikir kritis dan bertanya. Pelajari wawancara dari beberapa reporter top industri dan perhatikan strategi yang mereka gunakan.

Jaringan dengan reporter, penulis, dan editor
Mulailah berjejaring sejak dini dengan reporter, penulis, editor, dan tokoh relevan lainnya dalam bisnis ini.

Cobalah magang
Magang untuk surat kabar, majalah, atau perusahaan media memberikan pengalaman yang tak ternilai, dan Anda akan melihat langsung tugas sehari-hari seorang jurnalis. Dengan banyaknya publikasi digital, ada banyak peluang saat ini bagi wartawan pemula untuk memulai dengan menulis artikel blog atau melakukan penelitian, bahkan dari rumah.

Menulis untuk publikasi yang sudah mapan
Pertimbangkan kekuatan dan bidang minat atau keahlian Anda. Kemudian, riset publikasi yang sesuai dengan minat tersebut dan yang akan tertarik dengan ide cerita Anda. Temukan informasi kontak yang sesuai untuk publikasi tersebut (biasanya editor yang bertanggung jawab atas bagian yang akan Anda tulis), dan kirimkan email kepada mereka untuk menyampaikan cerita Anda. Jangan takut untuk (dengan sopan) menindaklanjuti beberapa kali, tetapi juga mengenali kapan saatnya untuk menyesuaikan strategi Anda dan mengajukan ide yang berbeda.

Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Pemrograman Hybrid

12 April 2024 - 21:25 WIB

Trending di Tekno & Sains