Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Tekno & Sains · 18 May 2022 06:52 WIB ·

Skema cloud computing yang harus kalian ketahui


 Cloud Computing Perbesar

Cloud Computing

Firstly, sebelum kita membahas skema cloud computing, ada baiknya kita mengetahui apa itu cloud computing. Nah, Cloud computing atau yang kita kenal dengan komputasi awan merupakan penyedia layanan melalui internet. Layanan yang dimaksud berupa alat dan aplikasi seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak.  In other words cloud computing juga dapat diartikan dengan suatu proses komputasi dengan penggunaan media cloud atau tanpa hardware. Penggunaan cloud computing tanpa hardware ini pastinya memiliki kebutuhan khusus dalam penggunanya, kebutuhan khusus tersebut ialah jaringan komputer atau koneksi internet.  Dalam pembagiannya sendiri cloud computing terbagi atas 3 tipe yaitu :

Private Cloud

Private cloud merupakan sebuah solusi hosting yang dikenal sebagai server lokal yang memiliki layanan yang tidak dapat di kontol selai pemilik layanan, yang mana biasanya digunakan oleh sebuh perusahan yang memiliki data center.

Public Cloud

Public cloud sendiri memiliki perbedaan yaitu dalam penggunan layanannya user tidak memiliki tanggung jawbab pada layanan yang diberikan. Tipe public cloud :

  • Infrastructure as a Service(IaaS)

IaaS, atau Infrastruktur sebagai Layanan, merupakan akses sesuai permintaan ke server fisik dan virtual yang dihosting di cloud, penyimpanan, dan jaringan infrastruktur TI backend untuk menjalankan aplikasi dan beban kerja di cloud. Dapat ditemukan pada cherry servers,IBM cloud, Amazon Web Service dan banyak platform lain.

  • Platform as a Service(PaaS)
PaaS, atau Platform as a Service, merupakan akses berdasarkan permintaan ke platform yang lengkap, siap digunakan, dan dihosting cloud untuk mengembangkan, menjalankan, memelihara, dan mengelola aplikasi. Yang biasanya kita temukan pada Microsoft Azure, AWS Lambda, dan IBM Cloud Foundry.
  • Software as a Service(SaaS)

SaaS, atau perangkat lunak sebagai layanan, adalah akses sesuai permintaan ke perangkat lunak aplikasi yang dihosting di cloud dan tersedia. Saas biasanya dapat ditemukan pada Dropbox, Adobe Creative Suite dn Office 365.

Public cloud dipastikan dapat mempermudah pengguna. Namun, tidak semua bidang dianjurkan untuk menggunakan public cloud seperti pemerintah,militer, dan banking dan bidang yang menampung data-data pribadi.  Lantas bagaimana solusi jika pengguna tersebut ingin menggunakan public cloud? pengguna dapat menggunakan tipe cloud yang terakhir yaitu

Hybrid Cloud

Hybrid cloud merupakan solusi bagi pengguna yang ingin menggunakan layanan public cloud dan private cloud secara bersama.

Kesimpulannya skema cloud computing mempermudah pekerjaan pengguna. Semua penggunaan pada hardware berupa database, server maupun code akan disimpan dalam sebuah cloud yang dapat di akses menggunakan jaringan internet.

Artikel ini telah dibaca 280 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis