Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 Dec 2022 00:34 WIB ·

Binar Academy Pilihan Terbaik Untuk Program Studi Independen Bersertifikat?


 Binar Academy Pilihan Terbaik Untuk Program Studi Independen Bersertifikat? Perbesar

Kampus Merdeka

Kampus Merdeka merupakan sebuah program dari Kementrian Pendidikan untuk persiapan karir yang bersifat komprehensif sebagai persiapan generasi terbaik di Indonesia. Program ini memiliki 2 program utama, antara lain ada Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat. Sederhananya, untuk magang sendiri seperti yang sudah kita ketahui, yaitu kita akan merasakan pengalaman bekerja secara ril di bawah naungan program Kampus Merdeka. Kita dapat memilih perusahaan serta bidang sesuai dengan passion kita masing-masing dan sesuai yang tercantum pada website Kampus Merdeka, lalu dilanjut dengan penyeleksian dari pihak perusahaan. Kemudian untuk program Studi Independen Bersertifikat ini kurang lebih seperti kita kuliah biasa namun sepanjang 1 semester kita akan menekuni 1 bidang saja. Cukup menarik bukan?

Studi Independen pada Binar Academy

Perkenalkan saya Muhammad Fachri Ali Haidar mahasiswa dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur program studi Sistem Informasi dan sekarang berada di semester 7. Pada 6 bulan ke belakang, saya memutuskan untuk mengikuti program Studi Independen Bersertifikat di Binar Academy dan memilih bidang UI/UX Course. Jadi, di course ini saya akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia User Interface dan User Experience dari paling dasar hingga dapat membuat suatu tampilan aplikasi sepenuhnya. Binar Academy sendiri tidak hanya menyediakan course untuk UI/UX, mereka memiliki banyak bidang dengan kualitas materi serta mentor dan program yang bisa dibilang terbaik dengan proses seleksi yang tidak terlalu menyusahkan pesertanya.

Ketika awal masuk Binar Academy, kita disambut dengan acara Induction yang berisi beberapa pengenalan program kedepannya dan ilmu mengenai soft skill yang sangat berguna saat di dunia kerja nantinya. Lalu untuk proses pembelajaran sendiri, Binar Academy memiliki 3 fase yaitu Silver, Gold, dan Platinum yang masing-masingnya harus kita lalui dalam 1 semester. Pada UI/UX Course saat fase Silver, para mahasiswa dituntut untuk mempelajari beberapa fundamental mengenai UI/UX seperti memahami bagaimana 2 fase pertama proses design thinking. Lalu pada fase Gold, kita sudah mulai praktek membuat beberapa desain sederhana sebuah tampilan aplikasi menggunakan Figma hingga membuat suatu tampilan aplikasi utuh berdasarkan sebuah studi kasus. Kemudian, pada setiap fase tersebut terdapat beberapa Chapter yang di dalam masing-masing Chapter tersebut memiliki sebuah Challenge yang harus diselesaikan. Jadi, untuk mencapai fase Platinum kita harus menyelesaikan setiap Challenge yang ada pada fase-fase sebelumnya.

Untuk fase Platinum sendiri, kita akan dibuatkan kelompok yang akan berkolaborasi bersama course Product Manager. Fase ini dibagi menjadi 3 sprint yang pada 1 sprint-nya memiliki waktu 2 minggu. Pada 3 sprint tersebut kita diberi tugas untuk membuat suatu tampilan aplikasi berdasarkan tema yang sudah ditentukan berdasarkan riset serta kerja sama antara semua anggota kelompok. Kemudian di akhir sprint, proyek yang kita kerjakan akan dipresentasikan di depan juri untuk dinilai.

Berikut kurang lebih pengalaman saya saat mengikuti Studi Independen pada Binar Academy UI/UX Course. Jika kalian ingin menekuni suatu bidang dalam waktu 1 semester dengan bersungguh-sungguh, program Studi Independen ini akan sangat cocok untuk kalian karena di akhir program kalian akan mendapat sertifikat yang berarti kalian sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. Sertifikat tersebut akan berguna untuk memperkaya portfolio kalian sehingga kalian lebih dilirik oleh para HRD (mungkin).

Referensi

[1]“Kampus Merdeka,” Desember 2022.

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/kata-pengantar-direktur-belmawa

[2]“Studi Independen,” Desember 2022.

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/studi-independen/detail

Penulis : Muh. Fachri Ali Haidar

Artikel ini telah dibaca 243 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains