Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 19 May 2022 03:46 WIB ·

Bergerak Dalam Diam, Inilah Cara Kerja Sistem eTilang


 Kamera CCTV eTilang Perbesar

Kamera CCTV eTilang

Cara kerja sistem eTilang ini cukup membuat sebagian besar masyarakat terkejut. Bagaimana bisa mereka mendapatkan peringatan tilang padahal saat di jalan tidak ada penilangan yang terjadi.

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau yang biasa kita sebut eTilang merupakan gagasan dari Kapolri  Idham Azis yang saat itu menjabat sebagai Kapolres Metro Jaya dan Kapolres Metro Jaya Kombes Pol Yusuf. ETilang resmi diluncurkan pada  25 November 2018. Pada saat itu baru dipasang dua kamera CCTV di dua lokasi yaitu Bundaran Patung Kuda dan Sarinah Thamrin. Sejauh ini, jumlah kamera CCTV telah meningkat untuk mencakup beberapa lokasi, yakni Jabodetabek, Bandung, Trans Jawa, dan luar  Jawa.

Perlu diketahui bahwa sistem eTilang menerapkan teknologi Internet of Things dan Artificial Intelligence. Kamera CCTV yang dipasang memiliki sensor yang dapat menangkap kejadian pelanggaran di lapangan. Kemudian data kendaraan seperti nomor kendaraan yang melanggar akan dikirim ke database dan dibuatkan laporan pelanggaran lalu lintas. Pengendara kendaraan yang melanggar juga akan mendapat surat eTilang yang dikirim melalui email.  Setelah surat eTilang dikirim pengendara diberi waktu 15 hari untuk membayar denda. Jika tidak atau belum dibayar dalam kurun waktu yang ditentukan maka STNK pengendara akan diblokir.

ETilang juga mulai diterapkan di jalan tol untuk menangkap pengendara yang berkendara diatas kecepatan maksimum. Penerapan ini cukup efektif karena kegiatan tilang secara manual tidak dilakukan di jalan tol. Selain itu, cara kerja sistem eTilang juga dapat mengurangi para oknum-oknum nakal dan pengendara yang menghindari petugas tilang.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains