Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 23 Dec 2022 02:04 WIB ·

Belajar Data Analyts di Luar Kampus Lewat Program MSIB


 Belajar Data Analyts di Luar Kampus Lewat Program MSIB Perbesar

 

Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau biasa disebut (MSIB) merupakan salah satu program flagship Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. MSIB memberikan wadah bagi para mahaiswa, baik sarjana maupun vokasi,di seluruh Indonesia untuk mendapatkan pengalaman dalam mengetahui dunia profesi dan menciptakan tenaga kerja yang professional. Dalam msib ini, mahasiswa mendapat beberapa benefit, terutama adalah penambahan pengalaman atau kompetensi terkait dengan dunia profesional, mahsiswa akan diberikan pekrjaan langsung yang terk ait dengan dunia pofesional yang sudah didesain oleh miyta industry mauun organisasi. Mahasiswa juga berkesempatan untuk merasakan bagaimana menjadi seorang profesional dalam posisi tertentu. Bagaimana mengerjakan project project kemudian mendapatkan kompetensi soft skill maupun hard skill sesuai dengan minat industri tersebut.

Setelah mahasiswa memahami tentang bidang industri tersebut mahasiswa juga dapat mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan ke dalam project-project yang diberikan. Kemudian mahasiswa juga berkesempatan untuk bekerja secara kelompok yang diasah kemampuannya dalam organisasi sekaligus bekerja dalam kelompok. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk berkomunikasi kepada timnya, kepada atasannya juga tentunya kepada kekayaan klien atau masyarakat yang berhubungan dengan project yang dikerjakan. Mahasiswa juga akan mendapatkan sebuah ilmu, sebuah kompetensi bagaimana menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat. Khususnya di program studi independen, mahasiswa menjalani program atau belajar secara mandiri yang diarahkan oleh mitra kemudian didampingi oleh profesional mentor. Setelahnya mahasiwa akan diterjunkan dalam sebuah project untuk implementasi ilmu yang telah dipelajari.

Shofiyyatul Badriyyah (Shofi), salah satu mahasiswa semester 5 program studi sistem informasi UPN “Veteran” Jawa Timur yang menjadi salah satu peserta program studi independent di pathway data analyst di mitra msib yaitu MyEduSolve. Myedusolve yang termasuk bagian dari PT Dwi Inti Putra merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi pendidikan yang memiliki misi mengangkat tenaga kerja Indonesia melalui sertifikasi dan pembelajaran online. Periode batch 3, myedusolve menyediakan beberapa pathway atau bidang, diantaranya data analyst, data scientist, ui/ux designer,  ios developer, dan vr game developer.

Pathway Data Analyst mempelajari materi mengenai pemahaman dan keterampilan dalam pengolahan data dalam jumlah besar untuk mengidentifikasi trend ataupun informasi lainnya. Didukung dengan materi yang relevan seperti Microsoft office specialist : excel associate and excel expert, databases, data analytics, power BI, dan introduction to pyhton.  Dengan mentor mentor yang professional di bidangnya, kegiatan pembalajaran menjadi sangat menyenangkan dan oenuh dengan insight baru.  Selain materi yang berkaitan dengan profesi data analyst, guna menyiapkan diri untuk memasuki dunia karir. Myedusolve juga memberikan materi untuk persiapan career dengan career mentoring. Yang pastinya dimentori langsung oleh hr specialist atau hr staff di perusahaan-perusahaan.

Pembelajaran berlangsung pada bulan agustus hingga desember 2022 dengan pertemuan 5 kali dalam 1 minggu dengan durasi 2 jam setiap harinya. Pembelajaran dilaksanakan dengan variative mulai dari pembelajaran Bersama di zoom meeting, pembelajaran individu, penugasan individu, hingga penugasan kelompok.  Guna mengimplementasikan materi-materi yang telah dipelajari, di akhir sesi course dilaksanakan capstone project yang bermitra langsung dengan umkm, organisasi, maupun perusahaan-perusahaan guna menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra.

Shofi menyampaikan bahwa dengan program studi independent ini, banyak mendapatkan ilmu baru mengenai pembelajaran yang linear dengan program studi yang saya tempuh di universitas. Selain itu, Shofi juga mendapatkan banyak relasi baru dengan orang-orang hebat diluar jangkauan saya sebelumnya. Dapat bertukar pikiran, ide, dan bekerja bersama mereka membuat saya mendapatkan banyak pengalaman yang sebelumnya belum pernah Shofi dapatkan. Shofi berharap program studi independent ini dapat terus dilaksanakan untuk mahasiswa agar dapat mengetahui dan bekerja secara langsung di dunia professional guna menyiapkan diri dalam dunia pekerjaan setelah lulus dari perkuliahan.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains