Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 14 Dec 2022 21:50 WIB ·

Belajar Data Analytics Melalui Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di MyEduSolve


 Belajar Data Analytics Melalui Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di MyEduSolve Perbesar

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah minat dan bakatnya di luar kampus. MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi.

Salah satu program MSIB yang banyak diminati oleh mahasiswa adalah program Studi Independen di MyEduSolve. MyEduSolve adalah perusahaan edutech yang fokus dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui literasi digital. Sebagai upaya dari pelaksanaan visi tersebut, MyEduSolve berupaya membangun ekosistem solusi pendidikan yang memberdayakan siswa, pendidik, dan professional. MyEduSolve dikembangkan oleh PT. Dwi Inti Putra. MyEduSolve menyediakan program Studi Independen Bersertifikat selama kurang lebih 4 bulan dengan beberapa jalur pembelajaran atau pathway yang dapat dipilih oleh mahasiswa yaitu Data Analyst, Data Scientist, IOS Developer, VR Game Developer dan UI/UX Designer.

Pada MSIB Batch 3 ini, penulis memilih pathway Data Analyst di MyEduSolve. Pathway Data Analyst mempelajari materi mengenai pemahaman dan keterampilan dalam pengolahan data dalam jumlah besar untuk mengidentifikasi trend ataupun informasi lainnya. Terdapat 5 materi pembelajaran di pathway Data Analyst yaitu IT Specialist: Database (SQL), Microsoft Office Specialist: Excel Associate, Microsoft Office Specialist: Excel Expert, IT Specialist: Database (SQL), Introduction to Python, dan IT Specialist: Data Analytics.

Tidak hanya kelas pathway Data Analyst, MyEduSolve juga menyediakan Kelas Mentoring yaitu Group Mentoring, 1on1 Career Mentoring, dan Support Group. Melalui 3 jenis kelas mentoring terserbut, diharapkan para peserta mengetahui dan memiliki soft skills yang wajib dimiliki di abad ke-21, peserta mampu mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam pencarian kerja, mampu mengoptimalisasi pemanfaatan media sosial yang biasa digunakan oleh profesional di dunia kerja, mampu berkomunikasi secara berkelompok, mampu melakukan manajemen pembagian tugas dalam memecahkan suatu masalah serta mampu berkolaborasi dalam menciptakan sebuah solusi.

Di penghujung program, MyEduSolve mengadakan Capstone Project, dimana peserta akan mengerjakan project secara berkelompok selama 4 minggu. Hasil yang diharapkan berupa project output (sesuai dengan permintaan client), laporan akhir, dan materi presentasi pada saat demo day. Melalui Capstone Project, diharapkan para peserta mampu memahami instruksi pada project brief, mampu menerapkan konsep dan pengetahuan yang dipelajari, mampu menghasilkan solusi dan/atau inovasi, mampu menganalisis kelebihan dan kekurangan dari solusi dan/atau inovasi yang dibuat serta mampu membagi peran dan tanggung jawab dalam satu tim.

Benefit yang ditawarkan oleh MyEduSolve di pathway Data Analyst juga ngga main-main lho! Selain mendapatkan ilmu seputar Data Analyst, penulis juga dapat 4 sertifikat bertaraf internasional, seperti Microsoft Office Specialist: Excel Associate 2019, Microsoft Office Specialist: Excel Expert 2019, IT Specialist: Databases, dan IT Specialist: Data Analytics. Terima kasih MyEduSolve dan Kampus Merdeka sudah memberikan pengalaman berharga bagi penulis. Semoga kedepannya program Kampus Merdeka semakin berkembang dan semakin banyak juga mahasiswa yang berpartisipasi.

 

Tentang Penulis

Nama : Adjeng Julia Syahrani

Program Studi : Sistem Informasi

NPM : 20082010054

Connect to my Linkedin! www.linkedin.com/in/adjengjuliasyahrani

Artikel ini telah dibaca 302 kali

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

Trending di Bisnis