Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Kontribusi · 20 May 2022 14:41 WIB ·

Perlukah Belajar Bahasa Isyarat Indonesia? Yuk simak penjelasannya !


 Abjad dalam BISINDO (Sumber: Yayasan Peduli Kasih ABK) Perbesar

Abjad dalam BISINDO (Sumber: Yayasan Peduli Kasih ABK)

Apa itu bahasa isyarat Indonesia?

BISINDO adalah singkatan dari Bahasa Insyarat Indonesia. Biasanya bahasa isyarat tersebut digunakan oleh teman tuna rungu, dan tuna wicarayang sehari – hari harus menggunakan bahasa isyarat untuk melakukan komunikasi. Namun di Indonesia bahasa isyarat  terdapat 2 macam yaitu  Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI).

Apa perbedaan BISINDO dan SIBI ?

BISINDO merupakan bahasa isyarat asli dari Indonesia yang biasanya memiliki dialeg  yang berbeda sesuai dengan bahasa daerah yang ada di Indonesia. Pada tahun 2006 tepatnya pada saat kongres ke – 7 yang dilaksanak oleh Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia  istilah BISINDO resmi digunakan. Sedangkan bahasa isyarat yang diambil dari American Sign Langauge (ASL) disebut sebagai Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI).

Di Indonesia sendiri bisa kita dapati teman tuna rungu dan tuna wicara  lebih sering menggunakan BISINDO daripada SIBI. Hal tersebut dikarenakan SIBI menggunakan kosa kata yang baku dan rumit sehingga lebih sulit untuk dipelajari. Sedangkan BISINDO lebih mudah untuk digunakan karena menggunakan bahasa ibu yang hadir secara alami di Indonesia.

Tidak hanya itu, perbedaan BISI dengan BISINDO dapat dilihat dengan mudah dengan memperhatikan gerakan tangannya. Jika gerakan isyarat  menggunakan satu tangan saja, maka disebut SIBI. Namun, bila gerakan isyarat menggunakan dua tangan maka disebut sebagai BISINDO. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini ya !

Belajar Bahasa Isyarat Indonesia Belajar Bahasa Isyarat Indonesia

Perlukah belajar Bahasa Isyarat Indonesia?

Tentu saja perlu ! Komunikasi merupakan hal penting yang dilakukan setiap hari oleh kita. Tanpa adanya komunikasi kita tidak dapat berinteraksi dengan baik oleh lawan bicara. Oleh sebab itu, kita perlu belajar bahasa isyarat Indonesia agar dapat melakukan komunikasi dengan teman tuna rungu dan tuna wicara.

Lantas, apa saja sih manfaatnya  ?

Berdasarkan penjelasan mengenai BISINDO dan BISI apakah kamu masih ragu untuk mempelajari Bahasa Isyarat Indonesia ? Kalau iya coba lihat beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan saat belajar bahasa isyarat indonesia di bawah ini ya !

  1. Menambah Teman Baru 
  2. Menambah Pengalaman 
  3. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
  4. Dapat menambah nilai jual saat mencari kerja 
  5. Membantu teman tuna rungu dan tuna wicara di sekitar kamu 

Nah setelah membaca sejarah serta pengertian bahasa isyarat Indonesi dan manfaat dari belajar bahasa isyarat Indonesia apakah kamu menjadi tertarik untuk mempelejarinya ? Jika iya kamu bisa mulai belajar dari gambar yang disematkan di atas ya ! Semoga Berhasil !

 

 

Artikel ini telah dibaca 561 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan