Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 6 Jul 2023 21:53 WIB ·

Belajar Asyik melalui Program MBKM di PT Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru


 Sumber: dokumentasi pribadi penulis, sesi Town Hall pada SIB Ruanguru Perbesar

Sumber: dokumentasi pribadi penulis, sesi Town Hall pada SIB Ruanguru

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka atau disingkat dengan nama MBKM merupakan kebijakan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah minat dan bakat di luar lingkungan kampus. Program MBKM terbagi menjadi 8 program, yakni Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, dan Wirausaha.

Pada bulan Februari sampai Juni, penulis berkesempatan mengikuti salah satu program tersebut, yakni Studi Independen Bersertifikat. Studi Independen Bersertifikat atau disingkat dengan SIB merupakan Program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi atau industri bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang sangat relevan dalam dunia kerja dan bisnis. Program ini biasanya berupa kursus singkat, kemah kerja (bootcamp), kursus online terbuka bagi umum (MOOC), dan bentuk lainnya. Program SIB ini telah berjalan selama 4 semester sampai saat ini.

Pada SIB batch 4 atau Angkatan 4, penulis mengikuti Studi Independen di PT Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru. Ruangguru memberikan dua kelas pada SIB batch 4, yakni kelas Front End Engineering dan kelas Back End Engineering. Kelas yang diikuti penulis adalah Front End Engineering, kelas ini akan berfokus pada materi design interface dari website dan membuat website menjadi lebih responsive terhadap permintaan dari pengguna. Kegiatan SIB batch 4 pada Ruangguru dimulai pada tanggal 16 Februari hingga 30 Juni 2023.

Pada awal kegiatan SIB, peserta diharuskan mengikuti onboarding nasional pada yang diselenggarakn oleh pihak MSIB. Setelah onboarding, mitra Ruangguru melakukan pengenalan kepada peserta dan membagi kelompok menjadi 8 kelompok setiap kelas. Kemudian pada setiap kelompok dilakukan meet online untuk memberi pelatihan kepada peserta cara untuk menggunakan LMS Ruangguru Camp. Kemudian di minggu berikutnya, peserta dapat mempelajari materi dari Ruangguru.

Untuk materi yang perlu dipelajari mencakup berbagai aspek dan konsep dalam bidang Front End Engineering, yakni pemahaman dasar tentang HTML, CSS, dan JavaScript, penggunaan framework seperti React.js, teknik desain responsif, optimalisasi kinerja, dan masih banyak lagi. Materi-materi ini diberikan dalam bentuk video pembelajaran, materi tulisan, dan tugas-tugas yang perlu diselesaikan oleh penulis.

Kemudian terdapat sesi meet online dengan mentor setiap minggunya. Sebelumnya kelas telah dibagi 8 kelompok. Setiap kelompok tersebut terdapat satu mentor untuk membantu peserta jika terdapat kesusahan dalam materi ataupun tugas-tugas. Mentor-mentor tersebut akan melakukan meet online setiap minggunya untuk menjelaskan materi secara lebih terperinci dan membantu peserta jika tedapat masalah dalam tugas yang dikerjakan.

Sumber: dokumentasi pribadi penulis, sesi Town Hall pada SIB Ruanguru

Selain terdapat sesi pembelajaran dengan materi dan meet online, Ruangguru juga mengadakan sesi Live QnA, Town Hall, dan Inspirational Class. Sesi Live QnA diadakan setiap periode sub-bab untuk membantu peserta jika masih terdapat materi yang belum dimengerti. Kemudian sesi Town Hall diadakan setiap bulan untuk menyegarkan otak dari pembelajaran materi dengan diadakan fun games untuk peserta dan pemberian penghargaan kepada peserta dan mentor terbaik. Kemudian terdapat sesi Inspirational Class diadakan dua kali pada kegiatan SIB untuk memberikan wawasan di luar materi pembelajaran

Dari seluruh kegiatan yang dilakukan di Ruangguru pada SIB Batch 4, penulis mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman berharaga. Dengan materi yang diberikan, penulis mendapatkan ilmu dalam mengembangkan design interface website, belajar mengembangkan beberapa fitur website, dan menyelesaikan berbagai tugas yang mengembangkan skill penulis. Penulis juga mendapatkan banyak relasi dari program SIB batch 4 dan dapat mengenal mentor yang hebat.

Penulis mengucapkan terimakasih kepada Ruangguru dan Kampus Merdeka karena telah memberikan fasilitas pembelajaran dan pengalaman untuk jenjang kedepannya. Harapan dari penulis, semoga program Kampus Merdeka, terutama SIB, dapat berkembang semakin baik dan menarik minat banyak mahasiswa yang berpartisipasi. Penulis juga berharap pihak Ruangguru memberikan lebih banyak tugas-tugas yang bervariatif dan sulit agar peserta dapat menyelesaikan permasalahan pemrograman yang lebih kompleks kedepannya.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan